Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bencana Terparah, Banjir Bandang Lebak Ditetapkan Sebagai KLB Provinsi

Kompas.com - 02/01/2020, 14:46 WIB
Acep Nazmudin,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

LEBAK, KOMPAS.com - Banjir bandang di Kabupaten Lebak akan ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) provinsi.

Keputusan tersebut dilakukan setelah pihak pemerintah Kabupaten Lebak menetapkan status KLB terlebih dahulu.

Banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Lebak disebut yang terbesar dari bencana banjir bandang yang pernah terjadi di wilayah ini.

"SK sedang disiapkan, tinggal ditandatangani," kata Gubernur Banten Wahidin Halim ditemui di lokasi bencana di Cipanas, Kabupaten Lebak, Kamis (2/1/2020).

Selain banjir bandang di Kabupaten Lebak, banjir yang terjadi di Kota Tangerang, juga menjadi pertimbangan gubernur untuk menetapkan status KLB provinsi.

Di Tangerang, kata Wahidin, banjir terjadi di 56 titik, dan merupakan yang paling luas dibanding banjir sebelumnya. 

"Bupati Lebak sudah menyatakan status luar biasa. Kejadian ini dan di Tangerang menjadi syarat kita untuk menetapkan KLB Provinsi," kata dia.

Banjir bandang menerjang dua kecamatan di kabupaten Lebak, Rabu (1/1/2020).Istimewa Banjir bandang menerjang dua kecamatan di kabupaten Lebak, Rabu (1/1/2020).

Untuk penanganan banjir di Kabupaten Lebak, saat ini sudah ditangani dengan baik. Mulai dari logistik hingga fasilitas. 

Hingga saat ini masih ada permukiman penduduk yang terisolasi setelah sejumlah jembatan putus dan ruas jalan yang amblas. 

"Ruas jalan ada yang longsor, ini memutus hubungan transportasi dan komunikasi masyarakat sekitar. 14 jembatan terdampak, baik di jalan provinsi maupun kabupaten," kata dia.

Satu Jembatan yang menghubungkan tiga kecamatan di Kabupaten Lebak putus setelah banjir bandang menerjang Rabu (1/1/2020) pagiKOMPAS.COM/ACEP NAZMUDIN Satu Jembatan yang menghubungkan tiga kecamatan di Kabupaten Lebak putus setelah banjir bandang menerjang Rabu (1/1/2020) pagi

Berdasarkan data sementara yang dia peroleh, terdapat sekitar 2.000 rumah yang terdampak banjir bandang di enam kecamatan di Kabupaten Lebak.

Saat ini sekitar 700 orang masih bertahan di pengungsian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com