Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi Capai 3,5 Meter di Kepri

Kompas.com - 02/01/2020, 08:26 WIB
Hadi Maulana,
Dony Aprian

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kantor Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), memprediksi gelombang tinggi mencapai 3,5 meter di perairan sebelah utara Natuna.

Forecaster Stasiun Meteorologi Kelas I BMKG Hang Nadim Batam Aprilia mengatakan, dalam pantauan satelit peramal cuaca (forecaster) BMKG Hang Nadim terungkap terdapat daerah pusaran angin siklonik di wilayah Kepulauan Riau sehingga menyebabkan adanya penumpukkan massa udara.

Dia menambahkan, kelembapan udara yang cukup tinggi juga menambah peluang pembentukan awan-awan hujan di wilayah itu.

Baca juga: Waspada, Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Beberapa Wilayah Indonesia

Secara umum, kata Aprilia, gelombang tinggi disebabkan curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang.

"Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan dihimbau agar waspada terhadap gelombang tinggi di wilayah perairan Bintan, Natuna dan Anambas serta potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir di Kepri," kata Aprilia, Kamis (2/1/2020).

Selain Natuna, gelombang tinggi juga terjadi di perairan Anambas mencapai 3 meter, dan perairan Kabupaten Bintan dan Tanjungpinang mencapai 2 meter.

Kemudian Lingga dan Karimun mencapai 2 meter dan terakhir di perairan Batam yang mencapai 1 meter.

Baca juga: Gelombang Tinggi Masih Terjadi di Pulau Buru Maluku, Warga Diminta Waspada

Karena itu, BMKG mengimbau agar warga Kepri selalu waspada dan berhati-hati saat beraktivitas.

Dia berpesan, kepada pelaku tranportasi laut memperhatikan resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Untuk perahu nelayan apabila kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 meter.

Kemudian Kapal Tongkang apabila kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter, kapal Ferry apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter.

Selanjutnya kapal ukuran besar seperti Kapal Kargo atau Kapal Pesiar apabila kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter.

"Untuk nelayan, diingatkan selalu membawa life jacket dan menghindari awan kumulonimbus yang merupakan sebuah awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat dan terlibat dalam badai petir dan cuaca dingin lainnya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com