Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbesar Sedunia, Bunga Rafflesia di Agam Dijaga Ketat

Kompas.com - 02/01/2020, 07:04 WIB
Perdana Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Bertepatan dengan pergantian tahun, bunga Rafflesia jenis tuan-mudae terbesar di dunia mekar di kawasan Cagar Alam Maninjau di Nagari Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Bunga langka dan dilindungi itu memiliki diameter 111 sentimeter dan merupakan rekor terbesar di dunia.

Sebelumnya rekor bunga terbesar jenis rafflesia tuan-mudae ini hanya berdiameter 107 sentimeter dan ditemukan di lokasi yang sama dengan inang sama.

"Ini rekor bunga rafflesia tuan-mudae yang terbesar di dunia dengan diameter 111 centimeter," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Khairi Ramadhan yang dihubungi Kompas.com, Rabu (1/1/2020).

Baca juga: Bunga Rafflesia Terbesar di Dunia Akan Mekar di Agam, Tepat 1 Januari 2020

Khairi mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap bunga yang dilindungi undang-undang itu sejak 24 Desember lalu.

"Dan hari ini, bunga rafflesia ini mekar sempurna," kata Khairi.

Khairi mengatakan, tahun 2017 lalu ditemukan di lokasi yang sama rafflesia raksasa dengan ukuran diameter 107 sentimeter.

Bunga itu mengalahkan rafflesia asal Filipina yang berdiameter 100 sentimeter.

Jenis bunga ini pertama kali ditemukan oleh BKSDA Sumbar berdasarkan hasil pengamatan dengan ahli bunga rafflesia asal Universitas Bengkulu, Dr Agus Susatya pada akhir tahun 2017 lalu.

"Tahun 2017 lalu ditemukan jenis yang sama dengan diameter 107 sentimeter. Ini mengalahkan bunga asal Filipina yang hanya berdiameter 100 sentimeter. Hari ini ditemukan yang lebih besar lagi dengan 111 sentimeter," kata Khairi.

Selain melakukan pengawasan yang ketat, BKSDA Sumbar juga telah membuat papan informasi larangan agar tidak merusak bunga itu.

"Kita telah memasang papan informasi dan larangan agar tidak merusak bunga itu karena dilindungi Undang-undang No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," jelas Khairi.

Baca juga: Bunga Langka Rafflesia Patma Koleksi Kebun Raya Bogor Kembali Mekar

Menurut Khairi, di Agam terdapat 13 titik sebaran populasi bunga rafflesia yang sebagian besar terdapat di daerah sekeliling Danau Maninjau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com