Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Deras dan Kali Lamong Meluap, Banjir Melanda Gresik

Kompas.com - 01/01/2020, 21:17 WIB
Hamzah Arfah,
Bayu Galih

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Hujan yang mengguyur kawasan Gresik Selatan, Jawa Timur membuat dua kecamatan di Kabupaten Gresik terendam banjir pada Rabu (1/1/2020).

Intensitas hujan yang cukup tinggi di hulu Kali Lamong membuat Kecamatan Benjeng dan Balongpanggang tergenang.

Akibatnya, akses jalan raya, sawah, fasilitas umum, sekolah, maupun rumah warga di beberapa desa terendam air dengan ketinggian bervariasi.

Dimulai dari Kecamatan Balongpanggang, air kemudian mengalir dan merendam beberapa area di Kecamatan Benjeng.

"Luapan Kali Lamong ditambah juga hujan turun dua hari ini dengan intensitas cukup deras (lebat)," ujar Ahmad, salah seorang warga Desa Kedungrukem di Kecamatan Benjeng, Rabu (1/1/2019).

Baca juga: BNPB: 9 Meninggal akibat Banjir dan Longsor di Jabodetabek

Menurut data yang dilansir Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, setidaknya ada delapan desa di Kecamatan Balongpanggang yang terendam.

Selain Desa Wotansari, genangan air dengan ketinggian bervariasi antara 10 sampai 30 sentimeter juga sempat merendam Desa Banjaragung, Sekarputih, Pucung, Mojogede, serta Kedungpring.

Sementara di Kecamatan Benjeng, air merendam Desa Sedapurklagen, Deliksumber, Kedungrukem, Munggugianti, Munggugebang, Kalipadang, Lundo, dan juga Bulurejo.

Sebanyak 636 rumah terendam air, yang mengakibatkan sekitar 763 keluarga terdampak.

Camat Benjeng Suryo Wibowo mengatakan, air yang merendam di beberapa desa di Kecamatan Benjeng sudah mulai menyusut. Kendati demikian, pusat bantuan masih ditempatkan di masing-masing balai desa.

"Air sudah mulai bergeser ke utara, semoga lekas surut," kata Suryo. 

Meluapnya Kali Lamong bukan pertama ini dirasakan oleh warga di dua kecamatan tersebut, lantaran bencana yang sama terus berulang setiap tahun, atau setiap kali musim penghujan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com