Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Rafflesia Terbesar di Dunia Akan Mekar di Agam, Tepat 1 Januari 2020

Kompas.com - 30/12/2019, 16:31 WIB
Perdana Putra,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Bunga Rafflesia jenis tuan-mudae terbesar di dunia akan mekar di kawasan Cagar Alam Maninjau di Nagari Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Diperkirakan pada 1 Januari 2020, bunga itu akan mekar sempurna dengan diameter di atas 107 centimeter.

"Akan mekar bunga rafflesia terbesar di dunia di Agam yang diperkirakan pada 1 Januari 2020. Dengan diameter di atas 107 centimeter," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Khairi Ramadhan yang dihubungi Kompas.com, Senin (30/12/2019).

Baca juga: Bunga Langka Rafflesia Patma Koleksi Kebun Raya Bogor Kembali Mekar

Khairi mengatakan BKSDA Sumbar sedang melakukan pengawasan yang ketat terhadap bunga langka di dunia itu.

Saat ini knop rafflesia berukuran raksasa itu sudah berdiameter 100 centimeter dan diperkirakan akan melebihi 107 centimeter dimana rekor rafflesia jenis Tuan-mudae terbesar yang pernah ada.

Sebelumnya rekor rafflesia terbesar ditemukan di daerah yang sama dengan ukuran diameter 107 centimeter.

"Tahun 2017 lalu ditemukan di lokasi yang sama rafflesia raksasa dengan ukuran diameter 107 centimeter. Bunga itu mengalahkan rafflesia asal Filipina yang berdiameter 100 centimeter," kata Khairi.

Baca juga: Bunga Rafflesia Albino Mekar di Bengkulu, Disebut Jenis Baru

Selain melakukan pengawasan yang ketat, BKSDA Sumbar juga telah membuat papan informasi larangan agar tidak merusak bunga itu.

"Kita telah memasang papan informasi dan larangan agar tidak merusak bunga itu karena dilindungi Undang-undang No 5 tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," jelas Khairi.

Menurut Khairi, di Agam terdapat 13 titik sebaran populasi bunga rafflesia yang sebagian besar terdapat di daerah sekeliling Danau Maninjau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com