Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumur Tua di Gresik Semburkan Lumpur Setinggi 4 Meter

Kompas.com - 27/12/2019, 12:59 WIB
Setyo Puji

Editor

KOMPAS.com - Warga di Desa Sekarkurung, Kecamatan Kebomas, Gresik, Jawa Timur dihebohkan dengan kemunculan semburan lumpur bercampur minyak di sebuah sumur tua yang ditengarai peninggalan kolonial Belanda.

Lumpur yang menyembur deras dari dalam sumur itu mencapai sekitar empat meter dari permukaan tanah.

Pada September lalu, sumur tersebut juga mengalami kondisi serupa. Namun, sempat berhenti dan sekarang kembali beraktivitas lagi.

"Kemarin malam sekitar pukul 18.30 WIB kembali menyembur, lumpur bercampur dengan air dan juga latung (minyak). Pertama menyembur mungkin hingga ketinggian sekitar 4 meter," ujar salah seorang warga, Abdul Mukhid, saat ditemui di lokasi, Jumat (27/12/2019).

Baca juga: Sumur Minyak Tua Era Belanda Kembali Semburkan Lumpur Bercampur Minyak

Bau minyak yang bercampur lumpur tersebut baunya sangat terasa di sekitar lokasi kejadian.

"Tadi sekitar pukul 04.50 WIB dini hari sempat berhenti sebentar, tapi kemudian menyembur kembali selang 5 menit kemudian," jelasnya.

Menyikapi kondisi itu, Kepala Desa Sekarkurung Subkhan mengaku sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Salah satunya SKK Migas.

Saat ini, semburan lumpur tersebut juga diketahui sudah mulai berhenti. Hanya saja, belum bisa dipastikan apakah bersifat sementara atau secara permanen.

"Sudah mulai mampet (reda) sekitar pukul 09.00 WIB. Tapi belum tahu juga, apakah nanti akan keluar lagi atau tidak. Yang pasti, langkah antisipasi sudah kami lakukan," tutur Subkhan.

Penulis : Kontributor Gresik, Hamzah Arfah|Editor : David Oliver Purba

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com