Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilintasi Gerhana Matahari Cincin, Ribuan Warga Padang Sidempuan Gelar Salat Berjamaah

Kompas.com - 26/12/2019, 15:10 WIB
Oryza Pasaribu,
Sabrina Asril

Tim Redaksi

PADANG SIDEMPUAN, KOMPAS.com - Kota Padang Sidempuan, Sumaterea Utara termasuk salah satu daerah yang dilintasi Gerhana Matahari Cincin.

Fenomena alam yang jarang terjadi itu disikapi ribuan warga dengan salat kusuf (gerhana) berjamaah di Masjid Agung Al Abror, Kota Padang Sidempuan, Kamis (26/12/2019) pukul 11.45 WIB.

Penampakan gerhana matahari cincin, terlihat sekitar pukul 12.05 WIB di Kota Padang Sidempuan.

Tak heran, banyak warga ramai-ramai mengabadikan fenomena langka yang sangat jarang terjadi itu.

Sebelum menyaksikan gerhana, ribuan masyarakat melakukan salat kusuf berjamaah yang dipimpin Imam Masjid Agung Al Abror Asrul Anwar Dalimunthe.

"Alhamdulillah, slat kusuf atau salat gerhana sudah selesai kita laksanakan. Salat ini merupakan sunnah untuk mengingat kebesaran Allah SWT. Tuhan akan memperlihatkan kebesarannya kepada kita, dan hal ini sangat jarang terjadi," ujar Al Ustadz Yaser Arafat saat memberikan tausiah di hadapan ribuan jamaah, Kamis (26/12/2019).

Baca juga: Warga Satu Kampung Heboh gara-gara Gerhana Matahari Cincin, Heran hingga Merinding

Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasutio mengatakan fenomena gerhana matahari cincin merupakan sesuatu yang sangat luar biasa. Apalagi kemunculannya sangat langka, dan tidak semua daerah bisa mendapatkannya.

"Namun kita di Kota Padang Sidempuan ini sangat beruntung bisa menyaksikannya secara langsung. Dan darah kita termasuk salah satu yang dilintasi," ucap Wali Kota.

Pelaksanaan salat kusuf tersebut, kata Irsan, merupakan arahan langsung dari Kementerian Agama untuk dilakukan di masing-masing daerah yang dilintasi gerhana.

"Dan untuk Kota Padang Sidempuan kita pusatkan di Masjid Agung Al Abror, juga di masjid-masjid lainnya yang ada. Dan kita bersyukur bisa menyaksikan fenomena alam yang sangat luar biasa ini," tukasnya.

Baca juga: Gerhana Matahari, Pembagian 3000 Kacamata Khusus dan Kamera Lubang Jarum Terbesar Pecahkan Rekor

Diketahui, fenomena gerhana matahari cincin (GMC) akan bisa disaksikan di 25 wilayah di Indonesia pada hari ini, Kamis (26/12/2019).

Selain itu, beberapa daerah lainnya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris.

Saat itu, piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dibandingkan piringan matahari.

Ketika terjadi puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yakni gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Adapun, daftar wilayah yang bisa menyaksikan gerhana berdasarkan rilis BMKG, ada 25 kabupaten/kota, yaitu:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com