Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Berpotensi Hujan, Warga Jawa Barat Masih Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin

Kompas.com - 26/12/2019, 09:46 WIB
Agie Permadi,
Jessi Carina

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Fenomena gerhana matahari cincin akan terjadi Kamis (26/12/2019) siang ini, sejumlah daerah di wilayah indonesia berkesempatan melihat fenomena tersebut, hanya saja puncak gerhana terjadi di waktu yang berbeda.

Seperti di Kota Bandung misalnya, warga dapat melihat fenomena ini mulai dari pukul 10.46 WIB yang merupakan awal gerhana.

Kepala Stasiun BMKG Bandung, Toni Sukmawijaya mengatakan bahwa matahari cincin yang bisa dilihat di Jawa Barat berupa gerhana matahari sebagian.

Cuaca di Kota Bandung, pagi ini cerah berawan namun di siang hari berpotensi hujan.

Baca juga: Link Live Streaming Gerhana Matahari Cincin 2019 di Pulau Sumatera

Meski begitu, Toni memprediksi masyarakat Jabar masih dapat melihat fenomena tersebut mengingat proses gerhana sendiri membutuhkan waktu tiga jam lebih.

"Tetapi durasi gerhana yang lebih dari 3 jam 30 menit. Masih ada potensi matahari tidak terhalang awan, di saat-saat tertentu. Dan gerhana matahari mudah terlihat secara visual," kata Toni dalam pesan singkatnya.

Adapun, gerhana matahari di Jawa Barat termasuk Kota Bandung akan dimulai pukul 10.46 WIB. Puncak gerhana terjadi pada pukul 12.38 WIB. Sementara akhir gerhana terjadi pada pukul 14.24 WIB.

Baca juga: Link Live Streaming Gerhana Matahari Cincin 2019 di Jawa, dari Anyer hingga Yogyakarta

Total durasinya adalah 3 jam 38 menit.

"Di Kota Bandung, saat puncak gerhana sebagian, pada Jam 12.38 WIB. Matahari akan tertutup, sebesar 76,4 persen," ujarnya.

Toni mengatakan, BMKG akan melakukan pengamatan gerhana di 29 lokasi. Nantinya hasil pengamatan ini bisa dilihat secara langsung di youtube info BMKG dan situs www.bmkg.go.id/gmc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com