Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disembunyikan di Semak-semak, 600 Kg Gula Pasir Ilegal Gagal Diselundupkan dari Malaysia

Kompas.com - 25/12/2019, 09:49 WIB
Rachmawati

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sebanyak 12 karung gula ilegal seberat 600 kilogram diamankan oleh TNI di perbatasan Entikong dan Malaysia.

600 kilogram gula ilegal dalam karung tersebut ditemukan oleh personel Satgas Pamtas Yonif Raider 641/Beruang disembunyikan di semak-semak.

Kukuh Suharwiyono Dansatgas Pamtas Yonif Raider 641/Bru, Letkol Inf mengatakan penyelundupan gula ilegal tersebut digagalkan saat petugas melakukan patroli di sekitar jalan patok batas negara G 128.

" Gula tersebut ditemukan di jalur tikus perbatasan sektor kanan PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau," kata Kukuh dilansir dari Antara, Senin (23/12/2019).

Baca juga: Penyelundupan Anak Singa, Leopard dan Kura-Kura dari Malaysia Digagalkan, 1 Pelaku Ditangkap

Ia menjelaskan saat diperjalanan petugas curiga dengan tumpukan karung dalam semak-semak.

"Setelah diperiksa ditemui 12 karung gula pasir dengan berat total 600 kilogram yang diduga akan diselundupkan melalui jalur tikus sektor kanan PLBN Entikong sekitar patok batas negara G.128," jelas Kukuh.

Ia menjelaskan saat ini 12 karung gula pasir ilegal tanpa pemilik tersebut sudah diamankan di Pos Kotis Gabma Entikong dan akan diserahkan kepada Bea Cukai untuk pengembangan dan proses lebih lanjut.

Baca juga: Modus Penyelundupan Narkoba ke Dalam Rutan, Mulai dari Makanan hingga Diapers

"Kami akan terus meningkatkan upaya pencegahan masuknya barang - barang ilegal ke wilayah Indonesia dengan memperketat pengawasan di jalur - jalur tikus perbatasan," tegas Kukuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com