Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Gereja, Pemkab Bulukumba Fasilitasi Umat Katolik Rayakan Natal

Kompas.com - 24/12/2019, 21:30 WIB
Hendra Cipto,
Khairina

Tim Redaksi

 

BULUKUMBA, KOMPAS.com – Wakil Bupati Bulukumba Tommy Satria Yulianto memfasilitasi umat Katolik untuk merayakan Natal karena belum mempunyai gereja.

“Kami memfasilitasi umat Kristen Katolik merayakan Natal di Kabupaten Bulukumba. Kami sudah tawarkan gedung PKK atau ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba untuk digunakan perayaan Natal. Karena, umat Katolik di Kabupaten Bulukumba yang jumlahnya masih sedikit tidak mempunyai gereja,” kata Tommy.

Tommy membantah keras tudingan bahwa adanya pelarangan perayaan Natal di Kabupaten Bulukumba seperti yang diberitakan sejumlah media.

Baca juga: Di Ambon, Banser dan Umat Hindu Ikut Jaga Gereja Saat Ibadah Natal

Dia mengaku, umat Kristen Protestan yang telah mempunyai gereja tetap merayakan Natal dengan aman.

“Tidak ada itu pelarangan Natal di Bulukumba. Buktinya umat Kristen Protestan tetap merayakan Natal di Gerejanya. Cuma, umat Kristen Katolik yang belum mempunyai gereja kita fasilitasi di Gedung PKK atau Ruang Pola Kantor Bupati agar tidak terjadi gejolak sama seperti tahun 2018 kemarin,” paparnya.

Tommy mengungkapkan, penyiapan tempat untuk perayaan Natal untuk umat Katolik setelah  dialog dengan forum antar umat beragama di Kabupaten Bulukumba.

Baca juga: Pastikan Malam Natal Aman, Panglima TNI dan Kapolri Pantau Pengamanan Gereja

Untuk pembuatan gereja, syarat-syarat belum bisa terpenuhi seperti jumlah jemaat Kristen Katolik di Kabupaten Bulukumba masih sedikit.

“Tahun 2017 lalu, rumah pastor yang terletak di pemukiman penduduk dijadikan tempat perayaan Natal. Sempat situasi memanas antara warga sekitar rumah pastor, karena adanya selebaran bahwa rumah pastor sebagai Gereja umat Katolik. Itulah yang menjadi pemicunya, tapi sudah dua tahun terakhir ini situasi sudah kondusif,” bebernya.

Tommy juga berjanji, akan mencarikan solusi umat Katolik untuk tempat ibadahnya.

Rencananya, forum antar umat beragama akan kembali melakukan pembahasan pada Januari 2020 mendatang.

“Mudah-mudahan adalah solusi untuk saudara-saudara kita yang beragama Kristen Katolik di Kabupaten Bulukumba. Kalau untuk umat Kristen Protestan, mereka ada beberapa gereja di Kabupaten Bulukumba,” jelasnya.

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com