Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita di Balik Nama Goa Lele Karawang, Lokasi 3 Mahasiswa Unsika Terjebak dan Tewas

Kompas.com - 24/12/2019, 13:07 WIB
Farida Farhan,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Tiga Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Singaperbangsa Karawang (Mapalas Unsika) tewas akibat terjebak banjir bandang di Goa Lele, Kampung Tanah Beureum, Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang.

Sementara lima lainnya selamat.

Toponimi atau penamaan gua itu sendiri dinamakan Goa Lele atau Cilele lantaran terdapat ikan lele di gua tersebut.

"Masyarakat sekitar menamakan gua tersebut Goa Lele atau Cilele," kata Willy Firdaus, Penelusur Gua (Penggiat Speleologi) dari Karawang kepada Kompas.com, Selasa (24/12/2109).

Goa Lele atau Gua Cilele merupakan tipe gua yang menjadi masuknya air ke dalam sistem sungai bawah tanah (conduit). Posisinya strategis dalam menangkap air hujan karena diapit dua bukit.

Baca juga: Maut di Goa Lele, Mahasiwa Unsika Terjebak Banjir 30 Meter di Bawah Tanah, 3 Orang Ditemukan Tewas

Willy mengatakan, lorong goa lele lurus mengarah ke Sungai Cibodas. Sungai Cibodas merupakan mikro daerah aliran sungai (das) dari Sungai Cikereteg.

Ini hal yang lumrah ketika masyarakat menamakan suatu daerah dengan penciri yang ada dan khas pada daerah tersebut.

Seperti di Kampung Citalaga Desa Tamansari, kata dia, terdapat gua bernama Gua Sapi. Sebab, dulu ada sapi milik warga yang terjebak di gua tersebut.

Ada juga penamaan Gua Miring dikarenakan medan di gua tersebut miring. Artinya vertikal tidak dan horizontal pun tidak, tapi miring seperti menuruni anak tangga.

Baca juga: Polisi: Medan Sulit, Evakuasi Mahasiswa Unsika yang Terjebak di Goa Lele Makan Waktu Lama

Tewasnya 3 mahasiswa Unsika murni musibah

Goa Lele Karawang, lokasi  mahasiswa Unsika yang terjebak di dalam gua saat sedang melaksanakan kegiatan mapala. Dari delapan mahasiswa Unsika yang terjebak, lima selamat dan tiga meninggal dunia. Dok. Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Singaperbangsa Karawang (Mapala Unsika) Goa Lele Karawang, lokasi mahasiswa Unsika yang terjebak di dalam gua saat sedang melaksanakan kegiatan mapala. Dari delapan mahasiswa Unsika yang terjebak, lima selamat dan tiga meninggal dunia.
Menurutnya, kejadian yang menimpa kawan-kawan Mapalaska adalah murni musibah karena faktor alam. Cuaca tidak diprediksi dan tipikal Goa Lele yang menjadi tempat masuk air.

"Hal ini harus menjadi perhatian penggiat alam dimanapun, dimusim penghujan seperti ini baiknya tidak melakukan aktivitas penelusuran gua," katanya.

Sebelumnya, tiga Mapalas Unsika (Mapalaska) tewas dan lima selamat saat terjebak banjir bandang di Goa Lele, Kampung Tanah Bereum, Desa Tamansari, Kecamatan Pangkalan, Kabupaten Karawang.

Mereka yang tewas yakni Erisya Rifania (20) mahasiswi Unsika asal Bogor, Alief Rindu Arrafa (18) mahasiswa Unsika asal Kabupaten Bogor, dan Ainan Fatmatuzzaroh (19) mahasiswa Unsika asal Kabupaten Banjarnegara.

Baca juga: Tiga Mahasiswa Unsika Terjebak di Goa Lele Karawang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com