Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Berpenghasilan Rendah di Tasikmalaya Kini Dapat Nikmati Rumah Bersubsidi

Kompas.com - 23/12/2019, 12:24 WIB
Irwan Nugraha,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Warga Tasikmalaya berpenghasilan rendah tetap bisa mendapatkan rumah dengan bantuan pembiayaan dari Badan Layanan Umum Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (BLU PPDPP).

Direktur Layanan BLU PPDPP Kementerian PUPR Agusny Gunawan mengatakan, skema untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah berupa pengelolaan dana investasi dari pemerintah yang telah digulirkan kepada masyarakat melalui bank pelaksana.

"Salah satu langkah konkret yang dilakukannya mendorong pemenuhan rumah sejahtera bagi masyarakat berpenghasilan rendah dengan dibangunnya rumah bersubsidi," kata Agusny Gunawan, saat peletakan batu pertama rumah bersubsidi di Perum Mega Mutiara Regency, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, Senin (23/12/2019).

Baca juga: Di Padang Akan Dibangun Rumah Bersubsidi hingga Pemberian Dana Rp 1 Miliar

Agusny mengatakan, proyek perumahan yang dibangun di atas tanah seluas 50 hektar, dan diharapkan bisa memenuhi kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah.

"Program ini harus didukung penuh seluruh pihak baik dari pemerintah daerah maupun bank pelaksana termasuk pengembang. Masyarakat yang akan mengambil tak dikenakan PPN artinya bebas mulai dari premi asuransi kebakaran, jiwa, kredit, tenor hingga 20 tahun dengan uang muka ringan hingga angsuran cicilan bisa terjangkau," ujar dia.

Selama 2019, Kementerian PUPR sudah menyalurkan dana FLPP Provinsi Jawa Barat untuk 16.318 unit rumah atau 21,25 persen dari nilai fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan senilai Rp 1,6 triliun (21,80 persen).

Kota dan Kabupaten Tasikmalaya telah disalurkan sebanyak 435 unit (0,57 persen) dengan nilai FLPP senilai Rp 40,08 miliar (0,54 persen).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com