Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fenomena Jutaan Kerang Hijau di Perairan Karawang, Dampak Tumpahan Minyak?

Kompas.com - 21/12/2019, 06:06 WIB
Rachmawati

Editor

KOMPAS.com - Awal Desember 2019, jutaan kerang hijau muncul di Muara Sungai Buntu, Desa Sungai Buntu, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang.

Kemunculan kerang hijau di wilayah tersebut bukan yang pertama. Namun untuk tahun ini jumlahnya lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal tersebut dijelaskan Tatang Supriatna (17) warga Desa Kendaljaya yang ditemui Kompas.com di Muara Sungai Buntu pada Sabtu (7/12/2019).

Baca juga: Viral, Jutaan Kerang Muncul di Sungai Buntu Karawang

Sayangnya hari itu laut sedang pasang dan sebagian besar kerang hijau tertutup air laut. Yang terlihat hanya kerang hijau yang menempel di batu pemecah ombak di muara sungai.

"Kemarin terlihat banyak karena lagi surut," ujar Tatang di sela mencari kerang hijau.

Tatang bercerita kerap mencari kerang hijau di muara tersebut untuk dimasak. Kadang kerang hijau tersebut dijual dengan harga Rp 10.000.

Baca juga: Pertamina Ambil Sampel Koloni Kerang Hijau di Karawang

 

Muncul di tempat lain

Tatang Supriatna (17) memperlihatkan kerang hijau yang menempel pada batu pemecah ombak di Muara Sungai Buntu, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Sabtu (7/12/2019).KOMPAS.COM/FARIDA Tatang Supriatna (17) memperlihatkan kerang hijau yang menempel pada batu pemecah ombak di Muara Sungai Buntu, Kecamatan Pedes, Kabupaten Karawang, Sabtu (7/12/2019).
Munculnya ribuan kerang hijau tersebut bukan hanya di Muara Sungai Buntu.

Koalisi Masyarakat Sipil Karawang (KMSK) mencatat kerang hujau juga muncul di Pantai Sarakan dan di lambung kapal di Pakisjaya.

Kerang hijau di Muara Sungai Buntu bukan pertama yang kami ketahui, sebelumnya juga ada di Pantai Sarakan," kata Yuda Febrian Silitonga, koordinator KMSK.

Pria yang akrab dipanggil Yuda tersebut mengatakan kerang hijau kerap digunakan utnuk menstabilkan kualitas air karena makan dengan menyaring makanan yang terlarut di perairan.

Baca juga: Sampel Jutaan Kerang Hijau yang Muncul di Karawang Diuji ke Lab

Ia menyebut bahwa populasi kerang hijau akan rumbuh secara masif apabila ada pencemaran minyak di perairan tersebut.

Hal tersebut diketahui karena kerang hijau dapat mengakumulasi hidrokarbon aromatik yakni salah satu senyawa yang ada di minyak mentah.

Apalagi perairan Karawang pernah tercemar minyak beberapa bulan lalu. Yuda khawatir

Untuk itu, Yuda meminta agar pihak terkait segera memeriksa sampel kerang hijau di wilayah tersebut apakah aman untuk konsumsi atau tidak.

Baca juga: Tumpahan Minyak Mentah Kembali Muncul di Pesisir Karawang

Ia mengatakan telah melaporkan munculnya kerang hijau tersebut ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan Pertamina Hulu Energi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com