Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Omah Mbudur Magelang, Wishnutama Sebut Tujuan Pariwisata adalah Memberi Manfaat

Kompas.com - 21/12/2019, 06:04 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana,
Khairina

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyatakan salah satu tujuan pariwisata adalah memberi manfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Menurutnya, ekonomi kreatif menjadi bagian dari pariwisata yang paling cepat memberi manfaat kesejahteraan.

"Tujuan pariwisata selain memberian devisa buat negara juga memberikan manfaat buat masyarakat di sekitarnya. Apa itu, yang paling cepat dan bisa termanfaatkan adalah ekonomi kreatif sehingga memberikan kesejahteraan buat masyarakat di sekitarnya,” kata Wishnu, kepada wartawan di sela kunjungannya di Omah Mbudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jumat (20/12/2019).

Baca juga: Wishnutama: MotoGP di Mandalika Akan Jadi Event MotoGP Terbaik yang Pernah Ada

Bagian dari ekonomi kreatif itu sendiri di antaranya, kuliner, ragam kerajinan tangan, kesenian daerah dan lain sebagainya.

Seperti yang sudah berjalan di Omah Mbudur, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur yang berjarak sekitar 3 kilometer dari Taman Wisata Candi Borobudur itu.

Di lokasi ini, wisatawan bisa menikmati suasana pedesaan yang rimbun dan sejuk. Wisatawan bisa belajar dan melihat kerajinan khas Borobudur yang bahannya dari limbah, kesenian tradisional, hingga kuliner tradisional.

Omah Mbudur dimiliki oleh Nuryanto, warga setempat.

"Apa yang Pak Nur (Nuryanto) lakukan sangat mendukung sekali kegiatan pariwisata dengan kemampuan ekonomi kreatif masyarakat setempat. Ada kerajinan tangan, kerajinan batik, seni tari, makanan, lukisan dan suasananya alam,” kata Wishnu didampingi Wakil Menteri Parekraf, Angela Tanoesoedibjo.

Saat berada di Omah Mbudur, rombongan mantan CEO Net TV itu  disambut langsung oleh sang pemilik.

Mereka sempat melihat berbagai kerajinan dan menikmati sajian Tarian Soreng yang dibawakan belasan wanita.

Wishnu mengimbau agar  kualitas kerajian yang dihasilkan warga di Omah Mbudur terus ditingkatkan kualitasnya.

Kemenparekraf, lanjutnya, bertugas untuk membantu mengemas produk karya masyarakat. Lalu, menjualnya secara online, memberikan brand-nya hingga promosi.

Baca juga: Ketika Menpar Wishnutama Dikerumuni Anak-anak Penjual Gelang

Sehari sebelumnya, Kamis (19/12/2019), rombongan Wishnu berkunjung ke Candi Borobudur. Pada kesempatan itu,  Wishnu mengatakan kawasan Candi Borobudur, termasuk Joglosemar (Jogja, Solo, dan Semarang) akan terus dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata prioritas di Indonesia.

Hal-hal yang perlu dibangun untuk mendukung pengembangan tersebut antara lain konektivitas dan infrastruktur, serta ragam event atau kegiatan yang diselenggarakan di kawasan tersebut.

"Kami memikirkan bagaimana konektivitasnya, bagaimana membangun infrastruktur yang perlu ditambah, bagaimana mengemasnya. Bagaimana nantinya membuat event-event yang menarik yang sesuai tentunya dengan temanya," paparnya.

Hal penting lainnya adalah menjaga kelestarian candi Buddha peninggalan Dinasty Syailendra abad ke-9 itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com