Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-4 Diprediksi Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru di Bandara Kualanamu

Kompas.com - 20/12/2019, 17:40 WIB
Dewantoro,
Dony Aprian

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Puncak arus mudik Natal dan Tahun Baru di Bandara Kualanamu diprediksi terjadi pada Sabtu 21 Desember 2019 hingga Minggu 5 Januari 2020.

Hal tersebut dikatakan Executive General Manager PT Angkasa Pura II, KC Bandara Internasional Kualanamu, Bayuh Iswantoro, Jumat (20/12/2019).

"Diprediksi lonjakan penumpang terjadi pada Sabtu ini sampai H+10," kata dia.

Bayuh menambahkan, pemudik akan disuguhkan dengan suasana yang sedikit berbeda dari sebelumnya yakni dekorasi yang kental dengan suasana Natal dan Tahun Baru di area terminal bandara.

"Sementara di hari-hari tertentu calon penumpang atau pengguna jasa akan disuguhkan hiburan seperti Live Music, Santa Clause, modern dance dan lain-lain," tambah Bayuh.

Baca juga: Arus Mudik Natal dan Tahun Baru, 6 Kamera Detektor Dipasang di Batas Kota Solo

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan saat arus mudik Natal dan Tahun Baru, kata dia, ratusan personel gabungan yang terdiri dari AVSEC, BKO TNI dan Polri, Jibom, Satpol-PP, disiagakan selama 24 jam.

"Mereka melakukan pengamanan, keselamatan penerbangan, serta memastikan seluruh infrastruktur dan fasilitas pendukung lainya dalam kondisi prima," katanya.

Selain menyiagakan ratusan personel keamanan, pihaknya juga mendirikan posko terpadu Natal dan Tahun Baru yang telah beroperasi pada Kamis 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Natal dan Tahun Baru 2020 Tanggal 21-22 Desember

Adapun lokasi dari posko terpadu bertempat di selasar terminal  kedatangan.

Posko tersebut, dilengkapi monitor dan komputer yang terhubung langsung dengan pusat informasi seperti jadwal penerbangan, kondisi cuaca, CCTV dan fasilitas kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com