Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemohon SIM di Polres Gresik Harus Lolos Tes Psikologi

Kompas.com - 14/12/2019, 19:45 WIB
Hamzah Arfah,
Teuku Muhammad Valdy Arief

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Dalam rangka menekan angka kecelakaan lalu lintas, Kepolisian Resort Gresik, Jawa Timur, bakal menerapkan tes psikologi bagi para pemohon dan mereka yang hendak memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM). Rencana ini akan mulai aktif, Senin (16/12/2019).

Kasatlantas Polres Gresik AKP Erika Purwana Putra mengatakan, tes psikologi akan melengkapi agenda tes kesehatan jasmani yang sudah lebih dulu diterapkan saat pengurusan SIM.

"Tujuan utamanya memang untuk dapat menekan angka kecelakaan. Karena itu, mulai tanggal 16 Desember secara serentak akan dilaksanakan di seluruh jajaran Polres se-Polda Jawa Timur, tidak hanya di Gresik saja," ujar Erika saat dihubungi, Sabtu (14/12/2019).

Baca juga: Uji Praktik SIM dengan Sistem E-Drives, Semua Gerak-gerik Kendaraan Terekam di Control Box

Erika menjelaskan, tes psikologi tersebut menggandeng lembaga psikologi yang sudah menjalin kerja sama dengan Polda Jawa Timur.

"Saya informasikan bahwa yang melaksanakan tes psikologi adalah, lembaga psikologi kredibel yang sudah MoU dengan Polda Jatim. Jadi yang melaksanakan bukan dari Polri," jelasnya.

Menurut Erika, nantinya lembaga yang bakal menggelar tes psikologi bagi para pemohon SIM akan dilakukan oleh Musa Perkasa Berjaya Konsultan Psikologi (MPBKP).

"Tidak hanya di Gresik, tapi nantinya seluruh Polres se-Polda Jawa Timur tes psikologinya akan dilakukan oleh lembaga tersebut," ucap dia.

Erika juga menyebut, penyelenggaraan tes psikologi kepada para pemohon SIM dan mereka yang hendak memperpanjang, sudah sesuai dengan Undang Undang nomor 2 tahun 2002 tentang kepolisian Negara Republik Indonesia, Undang Undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, serta Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 9 tahun 2012 tentang Surat Izin Mengemudi.

Baca juga: Gagal Ujian SIM e-Drives Mesti Tunggu 14 Hari

Sedangkan Kepala Unit Registrasi dan Identifikasi Satuan Lalu Lintas (Kanit Regident Satlantas) Polres Gresik Iptu Bachtiar Arifin mengatakan, biaya tes psikologi nantinya di luar dari ongkos pembiayaan pembuatan atau perpanjangan SIM.

"Untuk biaya tes psikologi, nanti dari tim psikologinya," terang Bachtiar.

Polres Gresik juga telah mengadakan coaching clinic bagi para pemohon hingga mencegah percaloan dengan penukaran KTP pemohon dengan kartu akses masuk gedung Satlantas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com