Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Dharmasraya, 1 Bocah Tewas dan Warga Panjat Pohon Selamatkan Diri

Kompas.com - 14/12/2019, 05:00 WIB
Perdana Putra,
Farid Assifa

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Banjir di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, menelan korban jiwa.

Dilaporkan satu orang bocah laki-laki berumur 3 tahun tewas akibat hanyut dihantam banjir di Nagari Selasih, Kecamatan Pulau Punjung, Jumat (13/12/2019).

"Ada satu korban, bocah laki-laki yang hanyut oleh banjir. Dia ditemukan tewas setelah terseret air," kata Kepala BPBD Dharmasraya, Eldison yang dihubungi Kompas.com, Jumat.

Baca juga: 4 Desa di Dharmasraya Terendam Banjir 3 Meter, Ratusan KK Terisolasi

Menurut Eldison, banjir itu sempat membuat warga panik sehingga ada yang menyelamatkan diri dengan memanjat batang pohon dan naik ke atas atap rumah.

"Sempat membuat warga panik karena air tiba-tiba naik sehingga warga menyelamatkan diri ke atap rumah dan pohon," kata Eldison.

Sebelumnya diberitakan, ratusan kepala keluarga (KK) di Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat terisolasi akibat banjir yang melanda daerah itu, Jumat (13/12/2019).

Banjir bukan hanya merendam rumah warga juga menyebabkan akses transportasi lumpuh karena jalan digenangi air 1-3 meter.

Ada dua kecamatan yang terdampak paling parah yaitu Kecamatan IX Koto dan Pulau Punjung. Masyarakat terisolasi dan akses transportasi lumpuh.

Baca juga: Ratusan Hektar Sawah di Kampar Terancam Gagal Panen Akibat Banjir

Menurut Eldison, hujan deras yang melanda Dharmasraya sejak Kamis malam hingga Jumat menyebabkan empat kecamatan dilanda banjir.

Selain kecamatan IX Koto dan Pulau Punjung, dampak banjir juga melanda Padang Laweh dan Timpeh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com