Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Piton Sepanjang 1 Meter Berkeliaran di Balai Kota Surakarta

Kompas.com - 13/12/2019, 21:33 WIB
Labib Zamani,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Petugas kebersihan Bagian Humas dan Protokol Pemkot Surakarta, Untung Sriyono (50) menangkap seekor anakan ular jenis piton, di kompleks Balai Kota Surakarta, Solo, Jawa Tengah, Kamis (12/12/2019).

Anakan ular piton tersebut memiliki panjang sekitar satu meter dengan diameter dua sentimeter.

Pria yang akrab disapa Suyut ini menceritakan, awalnya anakan ular piton ditemukan oleh petugas taman di belakang Pendapi Gede.

Anakan ular piton itu posisinya tengah melingkar di dekat pohon. Karena tidak ada yang berani menangkap, Suyut memberanikan diri untuk mengevakuasi anakan ular itu.

"Ada petugas taman akan bersih-bersih, tahu ada ular takut. Dia panggil temannya tapi juga takut. Kebetulan saya lewat, ular itu saya tangkap," kata Suyut, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (13/12/2019).

Baca juga: Warga Gunungkidul Bongkar Talud yang Diduga Jadi Sarang Ular Kobra

Tidak butuh waktu lama bagi Suyut untuk menangkap hewan melata tersebut. Suyut mengaku, dirinya sudah terbiasa dan sering menangkap ular.

Suyut menyampaikan, tangkapan anakan ular piton di taman dekat mobil dinas Sekda Pemkot Surakarta diparkir itu merupakan yang ke 20 kali.

Diperkirakan umur anakan ular piton sekitar 2-3 bulan.

"Sekarang ularnya saya pelihara di rumah. Saya tempatkan di sangkar burung berukuran 30 sentimeter terbuat dari besi," ujar Suyut.

Suyut mengungkap, anakan ular jenis piton yang ditemukan di kompleks Balai Kota bukan yang pertama kali. Menurut dia, selama dua bulan terakhir ini sudah ditemukan sekitar 20 ekor anakan ular jenis piton.

"Ada yang ditemukan di taman, di bawah meja, dan lain-lain. Sampai saat ini sudah sekitar 20 ekor yang ditemukan," tutur dia.

Sebagaimana diketahui, musim penghujan atau akhir tahun seperti saat ini disebut sebagai musimnya telur-telur ular menetas.

Baca juga: Ular Kobra Muncul di Pemukiman Saat Musim Hujan, Ahli LIPI Jelaskan

Maka tidak heran banyak ditemukan anakan ular piton yang berkeliaran di kompleks Balai Kota Surakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com