Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Revitalisasi Terminal Joyoboyo, Apa Saja yang Baru?

Kompas.com - 13/12/2019, 14:19 WIB
Ghinan Salman,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Revitalisasi Terminal Joyoboyo di Surabaya, Jawa Timur, diperkitakan akan rampung pada akhir 2019 ini.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan Kota Surabaya Ridho Nur Wahab mengatakan, revitalisaasi dilakukan di atas bangunan yang berdiri di lahan seluas 8.669 meter persegi.

Adapun, revitalisasi terminal itu untuk memberikan pelayanan jasa angkutan.

Terminal Joyoboyo selama ini difungsikan sebagai tempat asal dan tujuan maupun tempat tunggu penumpang angkutan.

"Berbeda dengan kondisi sebelumnya, terminal intermoda dan gedung parkir Joyoboyo dirancang dengan konsep green building," kata Ridho kepada Kompas.com, Kamis (12/12/2019).

Ia menyampaikan, tujuan pembangunan terminal dan gedung parkir dengan konsep green building ini unuk menjadikan terminal ramah lingkungan.

Menurut dia, dalam tahap perencanaan, pembangunan hingga operasional dan pemeliharaannya akan mengutamakan ruang terbuka hijau.

Kemudian, revitalisasi akan memanfaatkan lahan dengan bijak, sehingga menciptakan kualitas udara yang baik dan nyaman untuk dikunjungi.

"Terminal dan gedung parkir Joyoboyo ini didesain dengan membuat ruang terbuka hijau di area utara dan selatan bangunan.  Bagian muka bangunan terminal juga didesain dengan konsep green facade, dengan membuat tanaman secara vertikal untuk menambah estetika bangunan," ujar dia.

Baca juga: Risma Pastikan Bangun Jalur Bawah Tanah Terminal Joyoboyo-Kebun Binatang Surabaya

Selain itu,  di berbagai sisi bangunan juga ditanami berbagai tanaman.

Ia memastikan, tanaman-tanaman yang mati akan langsung diganti.

Sementara itu, gedung parkir di Terminal Joyoboyo itu terdiri dari 5 lantai yang dilengkapi berbagai fasilitas, seperti toilet dengan jumlah memadai, termasuk toilet khusus difabel di setiap lantainya.

Kapasitas parkir yang disediakan cukup besar, yakni dapat menampung 4 bus kota, 8 bus pariwisata, 69 mikrolet, 363 mobil dan 292 motor dalam satu terminal.

Ia menambahkan, proses pembangunan terminal intermoda dan gedung parkir saat ini sudah masuk tahap akhir, yakni proses pembersihan serta tes uji coba, agar aman saat digunakan.

"Beberapa peralatan yang nanti akan dioperasikan seperti CCTV, genset, lift dan eskalator semua dites," ujar dia.

Ridho melanjutkan, fasilitas lain yang ada di Terminal Joyoboyo adalah kios basah dan kering untuk penjual makanan maupun suvenir.

Kemudian, di gedung itu juga disediakan taman bermain yang terletak di lantai 4 dengan tema lalu lintas.

"Taman bermain ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat bermain, tetapi juga dapat mengedukasi masyarakat agar tertib di jalan raya," kata Ridho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com