Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan di Pedalaman Pangkep, Barru dan Bone Akhirnya Diperbaiki

Kompas.com - 12/12/2019, 16:40 WIB
Hendra Cipto,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com – Setelah bertahun-tahun rusak, Jembatan Samaenre yang menghubungkan dasa-desa di daerah pedalaman Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru dan Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, akhirnya diperbaiki.

Jembatan yang dulu hanya terbuat dari kayu, kini lebih kokoh dengan menggunakan beton.

Selain membangun baru jembatan beton sebagai penghubung daerah pedalaman di tiga kabupaten, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga membuka akses jalan hingga melakukan pengaspalan Jalan Parigi-Bungoro sepanjang 13 kilometer.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman didampingi Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi mencoba melintasi jembatan tersebut, Kamis (12/12/2019).

Baca juga: Wagub Sulsel Minta Pesawat Milik Susi Pudjiastuti Beroperasi di Toraja dan Selayar

 

Kepala Bappeda Sulsel Rudy Djamaluddin bersama Balai Jalan Kementerian PUPR menyisir jalan yang menghubungkan segitiga Pangkep, Barru dan Bone tersebut.

“Alhamdulillah, Jembatan Samaenre wilayah pedalaman terisolir segitiga Pangkep, Barru, Bone sudah bisa dilewati dengan roda empat. Cukup banyak warga yang menghuni jalanan sepanjang 50 kilometer di wilayah terisolir ini," kata Andi Sudirman.

Saat ini, setelah jalan dapat diakses, banyak truk keluar masuk membawa hasil pertanian.

Andi Sudirman mengatakan, pembukaan lahan dan gravel road (pengerasan) akan cepat selesai.

Saat ini, proses pengaspalan jalan sepanjang 13 kilometer dari total 19,9 kilometer.

Andi mengatakan, selain menghemat waktu tempuh, jalan ini juga lebih efektif dan aman. Andi menilai bahwa saat ini adalah momentum untuk kebangkitan infrastruktur Sulawesi Selatan.

"Begitu jalanan bagus, pertumbuhan ekonomi pasti akan meningkat. Apalagi daerah-daerah sini memiliki banyak potensi, baik pariwisata, kerajinan, kuliner, itu yang akan membuat lokasi ini banyak dikunjungi,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com