Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Angin Landa Sukabumi, Puluhan Rumah dan Pohon Bertumbangan

Kompas.com - 12/12/2019, 16:18 WIB
Setyo Puji

Penulis

KOMPAS.com - Puluhan rumah dan pohon bertumbangan akibat hujan disertai angin kencang melanda wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (11/12/2019).

Data sementara dari Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyatakan, meski tidak ada korban jiwa, namun banyak rumah warga yang rusak akibat diterjang angin dan tertimpa pohon yang tumbang.

Hujan disertai angin kencang tersebut terjadi pada Rabu sekitar pukul 14.00 WIB.

Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna mengatakan, totalnya ada 31 unit rumah yang rusak dan pohon bertumbangan karena tertiup angin.

Total rumah yang rusak itu terdiri dari 29 unit rumah di Kampung Ciutara, Desa Mekarsari dan Kampung Bojong Perang, Desa Nyangkowek.

Baca juga: Hujan Angin Landa Sukabumi, 31 Rumah Rusak

Sedangkan dua rumah lainnya terjadi di Cibadak. Tepatnya di Kampung Babakan, Desa Pamuruyan dan Kampung Segongkaler, Desa Batununggal.

"Di antaranya ada yang tertimpa pohon tumbang," kata Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna.

Menyikapi kondisi itu, TIM BPBD dan Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) dikerahkan untuk membantu warga masing-masing kecamatan.

"Hingga pagi ini, di beberapa lokasi masih ada yang kerja bakti membersihkan dan memperbaiki rumah rusak. Terutama yang tertimpa pohon tumbang," ujar dia.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah memprediksi terjadi hujan dan angin kencang melanda di beberapa wilayah di Indonesia, Selasa (10/12/2019).

Dilansir dari Tribunnews.com, untuk wilayah Jawa diperkirakan terjadi hujan dengan intensitas sedang, khususnya di wilayah Banten dan Jawa Barat.

Sedangkan hujan dengan intensitas ringan terjadi di wilayah Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Penulis : Kontributor Sukabumi, Budiyanto|Editor : Robertus Belarminus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com