Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mampu Cegah Korupsi, Bupati Banggai Herwin Yatim Raih Penghargaan KPK

Kompas.com - 11/12/2019, 15:58 WIB
Farid Assifa

Editor

KOMPAS.com - Bupati Herwin Yatim mendapat penghargaan dari KPK dan Kemendagri karena dianggap berhasil mencegah tindak korupsi di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah.

Penghargaan itu diberikan kepada Bupati Herwin Yatim saat diundang KPK RI untuk mengikuti peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2019 di Gedung Merah Putih, kantor KPK RI, Jakarta Selatan, Senin (9/12/2019).

Acara itu juga dihadiri oleh 63 bupati dan 38 wali kota di Indonesia.

Bupati Herwin, dalam keterangan tertulis, menyebutkan, Monitoring Centre For Prevention (MCP) Kabupaten Banggai masuk urutan ke-3 teratas dari 10 nominasi kategori pemerintah kabupaten dalam implementasi pencegahan korupsi pemerintah daerah (pemda).

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,7 Guncang Banggai Kepulauan, Tidak Berpotensi Tsunami

Menurut Herwin, penghargaan itu secara tidak langsung membuktikan bahwa ia fokus dalam pemberantasan tindak pidana korupsi sebagai salah satu upaya perbaikan tata kelola pemerintahan.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) Kabupaten Banggai karena sudah bekerja dengan penuh integritas.

Sehingga Kabupaten Banggai mampu menyandang penghargaan salah satu kabupaten bebas korupsi.

"Saya sangat mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap pihak-pihak terkait yang telah mendukung dan membantu aksi pencegahan korupsi, khususnya Inspektorat Banggai sebagai leading sector," kata Herwin.

Herwin menyatakan, ia akan terus melakukan evaluasi agar ke depannya capaian MCP Kabupaten Banggai meningkat lebih baik, sehingga sebutan "clean goverment" akan terus melekat di Kabupaten Banggai.

Namun, Herwin juga mengingatkan bahwa upaya itu bisa terwujud jika didukung oleh setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

"Kita akan terus mengevaluasi instansi/dinas dengan nilai indeks di bawah 70 persen. Harapannya, nilai indeks di setiap kategori ke depannya mampu mencapai 100 persen, tentunya hal itu bisa terwujud jika didukung oleh setiap OPD," kata Herwin.

Baca juga: Lebih dari 1000 Orang Masih Mengungsi di Buko Selatan, Banggai Kepulauan

Capaian MCP Banggai sendiri meliputi 81 persen dalam kategori perencanaan dan penganggaran APBD, 99 persen kategori pengadaan barang dan jasa, 90 persen kategori pelayanan terpadu satu pintu, 80 persen kategori kapabilitas APIP, 89 persen kategori manajemen ASN, 100 persen kategori optimalisasi pendapatan daerah, 100 persen kategori nanajemen aset daerah, dan 57 persen kategori tata kelola dana desa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com