Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Kunjung Dilantik, Bupati Talaud Terpilih Daftar Cagub di Partai NasDem

Kompas.com - 09/12/2019, 12:33 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Farid Assifa

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Bupati Talaud terpilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 yang belum kunjung dilantik, Elly Engelbert Lasut, mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur Sulawesi Utara untuk Pilkada tahun 2020 nanti.

Elly didampingi pendukung dan orang-orang dekatnya saat mendaftar di Partai Nasional Demokrat (NasDem) Sulut untuk Pilkada 2020.

Kepada wartawan, dengan penuh kepercayaan diri, Elly menyatakan bahwa ia hanya akan mendaftarkan diri di Partai NasDem dan tidak akan ke partai politik (parpol) mana pun.

“Seratus persen saya optimis, saya yakin bisa menang sebagai gubernur Sulut. Itu optimisme saya, dan ada beberapa langkah yang saya harus lakukan,” kata Elly saat diwawancara seusai mendaftar di kantor DPW Partai NasDem, Senin (9/12/2019) siang.

Baca juga: Tak Kunjung Dilantik oleh Gubernur, Bupati Talaud Terpilih Surati Jokowi

Terkait statusnya sebaga bupati terpilih di Pilkada Talaud 2018 dan tak kunjung dilantik, mantan politisi Partai Golkar itu menyatakan akan sabar menanti.

“Memang upaya dilantik itu begitu kuat. Tapi sampai hari ini Pak Gubernur (Olly Dondokambey) belum berkenan. Saya tetap bersabar menunggu pelantikan itu,” ujar Elly.

Ia juga menegaskan tetap akan maju di Pilkada Sulut jika NasDem mengusung dirinya.

“Jika tetap dilantik, saya akan tetap maju. Apakah akan dilantik atau belum dilantik, sebagai calon gubernur apalagi jika Partai NasDem mendukung saya sebagai calon, saya tetap maju,” tegasnya.

Ia mengaku akan meyakinkan NasDem dan masyarakat serta berdoa kepada Tuhan tentang pencalonannya ini.

Seperti diketahui, hanya Partai NasDem dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) yang memiliki hak usung pada Pilkada Sulut atau pemilihan gubernur (Pilgub) Sulut 2020 nanti.

NasDem memiliki 9 kursi di DPRD Sulut dan PDI-P 18 kursi. PDI-P sendiri akan mencalonkan kembali Ketua DPD PDI-P Sulut Olly Dondokambey sebagai gubernur.

Elly sendiri merupakan Bupati Talaud terpilih pada Agustus 2018. Ia berpasangan dengan Moktar Arunde Parapaga.

Baca juga: Setahun Berlalu, Kenapa Bupati Talaud Terpilih Belum Juga Dilantik?

Sejak ditetapkan hingga Desember 2019 ini, sudah satu tahun lebih keduanya belum dilantik.

Alasan belum dilantiknya ketua Partai Berkarya Sulut itu disebut-sebut karena tersandung status bupati Talaud dua periode, yang diyakini membuat Gubernur Olly belum bersedia melantik Elly dan pasangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com