Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Ipda Handoko, Polisi yang Bantu Seorang Ibu Melahirkan di Pinggir Jalan

Kompas.com - 07/12/2019, 14:02 WIB
Hamzah Arfah,
Farid Assifa

Tim Redaksi

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Empati dan rasa kemanusiaan Ipda BJ Handoko, Kanit Bina Masyarakat (Binmas) Polsek Gondang, tergugah saat melihat seorang perempuan meringis kesakitan melahirkan di pinggir jalan kawasan hutan RPH Sugihan BKPH, Tretes KPH Bojonegoro, tepatnya di Dusun Betek, Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Bojonegoro, Jawa Timur, Jumat (6/12/2019).

Meski tidak memiliki riwayat sebagai ahli medis, Handoko berhasil menolong persalinan perempuan yang diketahui bernama Astri Sulistyoningsih (32), warga Dusun Puguh Rejo, Desa Gondang, tersebut dengan selamat.

"Benar mas, kejadiannya itu kemarin Jumat sekitar pukul 07.30 WIB setelah Ipda Handoko melaksanakan kegiatan sapa pagi di pertigaan Betek," ujar Kasubag Humas Polres Bojonegoro AKP Sri Ismawati saat dihubungi, Sabtu (7/12/2019).

Baca juga: Dengar Kabar Ibu Melahirkan di Feri dan Bayinya Meninggal, Bupati PPU Emosi di Depan Direksi RSUD

Sri menceritakan, saat itu Handoko hendak kembali ke Markas Polsek Gondang untuk melaksanakan apel pagi. Namun, di tengah perjalanan, ia melihat Astri sedang membutuhkan pertolongan di pinggir jalan, tidak jauh dari jalan Poros Utama Kecamatan (PUK) Gondang. Handoko pun memutuskan berhenti dan menolong Astri.

"Saat dihampiri oleh Ipda Handoko, dari informasi yang saya tahu, saat itu posisi kepala bayi sudah keluar, tapi belum ada pertolongan medis," katanya.

Sebenarnya pada saat itu memang ada beberapa warga di lokasi. Tapi tidak ada yang berani mengambil tindakan sehingga Handoko memutuskan mengambil tindakan diskresi dengan memberi pertolongan darurat kepada Astri sambil menunggu bidan dari Puskesmas Gondang.

Sementara itu, Kapolsek Gondang Iptu H Berthon Silalahi, saat dikonfirmasi terpisah, juga membenarkan anggotanya memberikan pertolongan kepada seorang ibu yang melahirkan di pinggir jalan dalam kawasan hutan.

"Kami bersyukur, ibu dan bayi yang dilahirkan dalam keadaan sehat. Meski bayi tersebut terlahir prematur seberat 1,6 kilogram karena kandungan baru sekitar 32 minggu," kata Berthon.

Baca juga: Bupati Aceh Utara: Saya Khawatir Masyarakat Kita Melahirkan di Jalan

Astri kemudian dirujuk ke Puskesmas Gondang. Sementara bayi yang dilahirkan saat ini dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R Sosodoro Djatikoesomo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com