Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Pembunuhan Buruh Bangunan di Kampus UIM Menyerahkan Diri

Kompas.com - 06/12/2019, 15:18 WIB
Himawan,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

MAKASSAR, KOMPAS.com - Nasir (38), diamankan penyidik Satreskrim Polrestabes Makassar setelah buron selama beberapa hari usai menikam Tumanan Maru (19), buruh harian yang bekerja di dalam Rusunawa kampus Universitas Islam Makassar (UIM), Rabu (4/12/2019) lalu. 

Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Yudhiawan Wibisono mengatakan, Nasir dijemput pihaknya di Polres Jeneponto usai menyerahkan diri di tempat tersebut. 

Yudhiawan menyebut, Nasir yang juga pengawas pekerja buruh bangunan tidak pernah tenang usai melayangkan badik di tubuh korban. 

Baca juga: Selain Mandor, Diduga Ada Pelaku Lain yang Terlibat dalam Tewasnya Buruh Bangunan di Makassar

"Dia pengakuannya merasa berdosa seperti itu. Makanya langsung menyerahkan diri semalam," ucap Yudhiawan, saat merilis kasus ini di kantor polres, Jumat (6/12/2019).

Dari keterangan yang diperoleh penyidik, Yudhiawan menyebut Nasir melakukan pembunuhan kepada Maru karena dendam setelah dua hari sebelumnya ia diprotes sekitar 7 pekerja lantaran caranya memarahi buruh di rusunawa itu tidak manusiawi. 

Aksi Nasir pun dilakukan ketika pada Rabu siang. Saat itu, ia melihat Maru sedang beristirahat siang setelah mengerjakan bangunan Rusunawa di kampus yang terletak di Kecamatan Tamalanrea itu. 

"Jadi, pas bangun, pelaku mendatangi korban dan langsung melakukan penganiayaan," tutur mantan penyidik KPK ini. 

Saat melancarkan aksinya, Nasir dibantu tiga rekannya yang juga buruh harian. Ketiganya yaitu AC (19), SG (18) dan SD (19) yang kini masih berstatus DPO.

Baca juga: Mandor yang Menggembok Pintu Pabrik Korek Gas, Ikut Tewas Terbakar

 

Namun, Nasir merupakan eksekutor penikaman yang menyebabkan nyawa Maru melayang. 

"Jadi, rekan pelaku ini ikut membantu saat menganiaya. Ada yang memegang ada yang menahan supaya tidak dilerai. Sekarang anggota masih di lapangan untuk mengejar semuanya," terang Yudhiawan. 

Sebelumnya diberitakan, seorang remaja bernama Tumanan Maru (19) tewas usai ditikam oleh pria yang bernama Nasir (38) di dalam kampus Universitas Islam Makassar (UIM), di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tamalanrea, Rabu (4/12/2019) sekitar pukul 12.30 Wita lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com