Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Mobil Dinas Rubicon Rp 2 Miliar, Bupati Karanganyar: Keren Kan?

Kompas.com - 06/12/2019, 15:06 WIB
Labib Zamani,
Farid Assifa

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com — Jip Wrangler Rubicon bakal menjadi mobil dinas baru Bupati Karanganyar Juliyatmono. Mobil dinas yang ditaksir seharga Rp 2,1 miliar itu dipilih untuk menunjang kinerja bupati dua periode tersebut.

Juliyatmono mengatakan, sejak dirinya dilantik sebagai kepala daerah tahun pertama 2013 tidak pernah meributkan fasilitas kendaraan dinas, termasuk pengadaan mobil Rubicon.

Sebagai kepala daerah, pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Karanganyar ini mengaku hanya ingin fokus bekerja untuk perubahan Karanganyar.

"Saya sejak dulu, sejak saya dilantik 2013 tidak pernah meributkan soal diri saya sendiri. Tugas saya bekerja. Bagaimana agar Karanganyar ini berubah," kata Juliyatmono saat ditemui di rumah dinasnya di Karanganyar, Jawa Tengah, Jumat (6/12/2019).

Baca juga: Bupati: Tak Ada Industri di Karanganyar Buang Limbah ke Sungai Bengawan Solo

Dengan demikian, lanjut Juliyatmono, ia tidak pernah memikirkan soal fasilitas yang diterima. Bagi Juliyatmono, kepentingan masyarakat lebih penting daripada memikirkan fasilitas untuk dirinya.

"Apakah fasilitas, saya tidak pernah tanya itu karena saya ini wong ndeso. Biasa-biasa saja. Bekerja, bekerja, bekerja," terangnya.

Juliyatmono pun menganggap bahwa mobil dinas jip Rubicon tersebut sebagai penghargaan terhadap dirinya atas kinerja selama ini memimpin Bumi Intanpari.

"Karena itulah, barangkali eksekutif toh sudah banyak prestasi-prestasi, termasuk penghargaan Parasamya Purnakarya Nugraha apa yang mau dikasihkan ke saya mungkin. Karena saya tidak pernah meminta," ucapnya.

Karena pencapaian kinerja itulah, jelas Juliyatmono, kemudian ia menerima sebuah "penghargaan" berupa mobil dinas jip Rubicon yang bersumber dari APBD 2019 itu.

Jip Rubicon yang paling lambat tiba di Karanganyar pada 27 Desember 2019 itu akan melengkapi kendaraan dinas Bupati Juliyatmono sebelumnya, yaitu Toyota Fortuner dan Toyota Camry.

Adapun dipilihnya jip Robicon sebagai kendaraan operasional tersebut karena menyesuaikan kondisi medan di Karanganyar yang wilayahnya berbukit dan banyak pegunungan.

Juliyatmono mengatakan, lelang mobil dinas Rubicon sudah sesuai ketentuan karena mesinya hanya bertenaga 2.000 cc.

"Kalau di Karanganyar ini pengalaman saya setiap hari di kampung-kampung, di gunung-gunung, itu memang yang paling ideal (kendaraan) jip. Jip yang paling layak dan kira-kira sesuai medan itu kan hanya itu (Rubicon). Hasilnya Rubicon. Keren kan," katanya tertawa.

Baca juga: Usulan Pembentukan Provinsi Surakarta Dapat Penolakan, Ini Kata Bupati Karanganyar

Sebagaimana diketahui, proses pengadaan mobil dinas Bupati Karanganyar tersebut sempat mengalami gagal lelang empat kali pada 2018. Kegiatan belanja mobil dinas baru terealisasi tahun 2019.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com