Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 ABK KM Berkat Jaya yang Tenggelam Berhasil Diselamatkan

Kompas.com - 06/12/2019, 13:27 WIB
Hadi Maulana,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

BINTAN, KOMPAS.com - Enam kru kapal motor KM Berkat Jaya yang tenggelam di perairan Teluk Sebung, Kabupaten Bintan, berhasil diselamatkan pada Jumat (6/12/2019) dini hari.

Keenam kru kapal tersebut yakni Marwin (40) sebagai kapten kapal.

Kemudian Fauzi (25), Rustam (26), Wayang (21), Sahrul (20) dan Yunus (50) yang merupakan anak buah kapal.

Mereka berhasil selamat karena mengenakan jaket pengaman, sehingga mengapung di air dan berenang perlahan ke pinggir pantai.

Kepala Seksi Operasional Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas A Tanjungpinang Eko Supriyanto mengatakan, keenam ABK berhasil ditemukan dalam keadaan selamat setelah mengapung lebih kurang 4 jam di laut.

Baca juga: Kisah Sukadi Pemilik Kebun Amarilis, Awalnya Dicibir Sekarang Dicintai

Kapten kapal dan ABK tersebut ditemukan di dua lokasi yang berbeda, yakni di pesisir Pantai Putus dan di Pelabuhan Panjang yang berjarak 1,5 mil laut dari Pantai Putus.

"Marwin, Fauzi, Rustam, Wayang dan Sahrul ditemukan ditemukan dalam kondisi selamat di Pesisir Pantai Putus. Sedangkan Yunus juga ditemukan dalam kondisi selamat di Pelabuhan Panjang," kata Eko saat dihubungi.

Eko mengatakan, para ABK tersebut akan diserahkan ke pihak agen untuk dipulangkan ke Batam.

"Usai dievakuasi, keenamnya langsung dibawa ke klinik terdekat dan setelah dinyatakan sehat baru dibawa ke kantor BNPP, yang kemudian diserahkan ke pihak agen," kata dia.

Sebelumnya, KM Berkat Jaya tenggelam akibat diterjang ombak yang cukup tinggi sekitar pukul 02.10 WIB di perairan Teluk Sebung.

Kapal sendiri mengangkut 120 bubu atau alat tangkap ikan yang dibawa dari Perairan Selat Nenek Bulang, Batam dan hendak menuju Perairan Tanjung Berakit, Bintan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com