Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Balikpapan-Samarinda Direncanakan Diresmikan Jokowi Maret 2020

Kompas.com - 05/12/2019, 21:21 WIB
Zakarias Demon Daton,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com - Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor mengatakan, jalan Tol Balikapapan-Samarinda rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Maret 2020.

Saat ini pengerjaan tol memasuki tahap finalisasi. Meski belum selesai, tol tersebut sudah bisa digunakan.

“Saya sudah pernah gunakan, Pak Kapolda Kaltim juga. Standar lah,” kata Isran, saat ditemui di kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Kamis (5/12/2019).

Baca juga: Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Desember 2019

Namun, masih ada beberapa bagian yang belum siap. Kurang lebih ada 2,2 kilometer yang masih dikerjakan.

“Informasinya sepanjang 2,2 km itu hasil penelitiannya ada tanah yang labil. Jadi kelabilan tanah itu yang ditunggu hasil penelitiannya oleh para ahli,” jelas Isran.

Hanya saja, secara keseluruhan akses jalan tol tersebut sudah rampung. Bahkan, sepanjang jalan sudah terpasang rambu-rambu jalan.

“Saat ini (hari ini) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ada di Kaltim. Tinjau Jalan tol dan lokasi ibu kota negara,” kata Isran.

Diketahui, tol penghubung dua kota penyangga ibu kota negara sepanjang 99,35 kilometer ini dibagi dalam lima seksi pekerjaan.

Seksi I sepanjang 22,03 kilometer dari Balikpapan-Samboja. seksi II sepanjang 30,98 kilometer dari Samboja-Muara Jawa, seksi III sepanjang 17,50 kilometer dari Muara Jawa - Palaran.

Seksi IV sepanjang 17,95 kilometer dari Palaran-Samarinda, dan seksi V sepanjang 11,09 kilometer dari Balikpapan-Sepinggan.

Jarak tempuh menggunakan tol dipredikasi hanya memakan waktu 1-2 jam. Jika tak lewat tol bisa memakan waktu 3-4 jam Balikpapan dan Samarinda.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kalimantan Timur, Taufik menargetkan jalan hambatan tersebut bisa digunakan pada Desember 2019.

"Iya, target akhir Desember 2019 ini akan beroperasi," ungkap Taufik Fauzi di Samarinda, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: Menjajal Tol Balikpapan-Samarinda, Pertama di Provinsi Ibu Kota Baru

Taufik mengatakan, saat ini para kontraktor fokus merampungkan di masing-masing seksi pengerjaan untuk mengejar penyelesaikan tol pada Desember tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com