Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seorang Pria di Cianjur Meninggal Diduga akibat Kopi Cleng

Kompas.com - 02/12/2019, 17:01 WIB
Firman Taufiqurrahman,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com – Seorang warga di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat berinisial IS (48) asal Desa Cibodas, Kecamatan Cijati, meninggal dunia diduga akibat mengonsumsi kopi Cleng.

Korban mengembuskan napas terakhir di RSUD Sayang Cianjur, setelah sempat menjalani perawatan medis di instalasi gawat darurat.

Kepala Sub Bagian Humas RSUD Sayang Cianjur Diana Wulandara Cahaya mengatakan, ada dua pasien yang diduga menjadi korban Kopi Cleng yang dirawat di rumah sakit.

"Pasien IS masuk IGD, Jumat dini hari. Sempat dipindahkan ke HCU karena mulai membaik, namun sorenya drop dan meninggal dunia," kata Diana saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/12/2019).

Baca juga: Pria dengan Senjata dan Bom di Badan Ditembak Polisi di Aceh

Sebelum meninggal, korban sempat mengalami sesak napas dan terjadi penurunan kesadaran.

"Korban meninggal dunia pada Jumat sore. Sedangkan satu orang pasien lainnya sudah diperbolehkan pulang, karena kondisinya sudah membaik," ucap Diana.

Diana menyebutkan, pihak Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI sendiri telah mengategorikan kopi penambah stamina itu sebagai produk ilegal dan berbahaya.

Kopi Cleng disebut mengandung bahan kimia obat.

"Namun, terkait penyebab pastinya (kematian korban), tentunya pihak dokter yang punya kapasitas untuk menjelaskannya," ujar Diana.

Baca juga: Kopi Cleng dan Jantan yang Buat 10 Warga Keracunan, Dilarang Beredar Sejak 2011

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com