Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawaslu Semarang Ajak Disabilitas dan Perempuan Jadi Panwascam Pilkada 2020

Kompas.com - 30/11/2019, 19:32 WIB
Riska Farasonalia,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Semarang, Jawa Tengah, membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) bagi masyarakat yang berminat mengawasi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Bawaslu Kota Semarang juga mengajak warga penyandang disabilitas dan kaum perempuan untuk turut serta mendaftar sebagai calon anggota Panwascam sesuai dengan kualifikasi.

"Kami membuka pendaftaran bagi semua kalangan masyarakat yang berminat partisipasi. Kaum difabel dan kaum perempuan juga berhak jika ingin mendaftar," ujar Koordinator Divisi Hukum dan Data Bawaslu Kota Semarang Arief Rahman di Semarang, Sabtu (30/11/2019).

Baca juga: Bawaslu Tangsel Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada 2020, Ini Syarat-syaratnya

Menurut Arief, calon dari kalangan disabilitas dan perempuan juga harus mengikuti tahapan yang.

Keterlibatan perempuan juga dinilai penting. Apalagi, di tiap kecamatan harus ada satu satu pengawas perempuan.

Arief mengatakan, pendaftaran dan penerimaan berkas persyaratan administrasi calon anggota Panwascam dilaksanakan pada 27 November hingga 3 Desember 2019.

Hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada 12 Desember 2019. 

"Setelah diumumkan pada 12 dan 13 Desember 2019, masyarakat dapat memberikan tanggapan terkait dengan calon-calon anggota yang lolos administratif. Selanjutnya pada 13 hingga 17 Desember akan dilakukan tes tertulis dan wawancara," kata Arief.

Dalam tes tertulis, menurut Arief, akan diterapkan sistem computer assisted test (CAT) socrative yang servernya terpusat di Bawaslu RI.

"Ada kurang lebih 2.000 soal yang diacak secara nasional. Jadi kita benar-benar tidak tahu muatan soalnya seperti apa. Pastinya seputar kepemiluan. Dengan sistem ini, hasil bisa langsung diketahui," kata Arief.

Kemudian, calon anggota Panwascam Pilkada 2020 yang lolos akan dilantik pada 22-23 Desember 2019 dan akan ditugaskan di 16 kecamatan.

"Di setiap kecamatan nanti akan ada tiga Panwascam yang ditugaskan.Tapi kita membuka syarat minimal kuota ada enam yang boleh daftar di setiap kecamatan. Kalau sampai penutupan pendaftaran syarat minimalnya belum memenuhi kuota, kita akan buka pendaftaran lagi khusus di kecamatan," kata Arief.

Sebagai informasi, dalam Pilkada 2020, Bawaslu Kota Semarang akan merekrut sebanyak 48 orang Panwascam.

Setelah dilantik, mereka akan ditugaskan di 16 kecamatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com