Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawanan Harimau Masuk Perkebunan, 5 Sapi Warga Tewas

Kompas.com - 30/11/2019, 13:27 WIB
Masriadi ,
Diamanty Meiliana

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com - Kawanan harimau Sumatera masuk ke perkebunan milik warga Desa Leubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara, Jumat (29/11/2019).

Lima sapi milik warga tewas digigit oleh hewan tersebut.

Kepala Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh Utara dan Lhokseumawe, Kamarudzaman, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/11/2019) menyebutkan, sapi itu milik Paimin dan Mahmud.

“Kami sudah cek lokasi kejadian. Jaraknya sekitar 5 kilometer dari hutan lindung,” katanya.

Baca juga: Seekor Harimau Sumatera Muncul di Dekat Pipa Minyak Perusahaan di Riau

Menurut warga, sambung Kamarudzaman, harimau mulai terlihat di kawasan penduduk pada September lalu. Belakangan, harimau juga memangsa hewan ternak milik warga.

“Untuk sementara kami imbau warga melakukan patroli jika malam hari. Warga meminta harimau tersebut diusir ke kawasan hutan. Kami akan mendatangkan pawang untuk mengusirnya,” sebutnya.

Dia menyebutkan, harimau sumatera merupakan satwa yang dilindungi. Dia menyebutkan, jumlah harimau sumatera semakin sedikit seiring maraknya perburuan terhadap satwa tersebut.

“Senin kita usahakan sudah sampai pawang dan melakukan pengusiran,” pungkasnya.

Kompas TV Seekor harimau Sumatera terekam kamera sejumlah pekerja perusahaan ladang minyak atau PT. BOB di Kabupaten Siak, Riau, yang juga merupakan kawasan Taman Nasional Zamrud dan habitat harimau Sumatera di Riau. Dalam rekaman video, terlihat harimau Sumatera berjalan di sekitar jalan poros kilometer 23 yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Komplek Perumahan PT. BOB. Mengantisipasi adanya gangguan, petugas balai besar konservasi sumber daya alam Riau diturunkan ke lokasi. Rencananya BBKSDA Riau akan memasang tanda peringatan perlintasan harimau Sumatera di sejumlah lokasi.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com