Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno Harapkan Milenial Wujudkan Ekonomi Indonesia 5 Besar di Asia

Kompas.com - 30/11/2019, 13:01 WIB
Bagus Supriadi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com - Mantan Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno memberikan saran bagi generasi milenial. Terutama dalam pengembangan usaha di era digital. Yakni agar terus berinovasi dan menciptakan bisnis yang tidak biasa.

“Generasi milenial sekarang mendominasi dari populasi Indonesia,” katanya usai menjadi pembicara ngobrol bareng Sandiaga Uno tentang peran politik dan bisnis dalam pengembangna daerah yang diselenggarakan oleh PWI Jember, IJTI Tapalkuda dan Kadin Jember di Aston Hotel, Sabtu (30/1/2019).

Menurut Sandi, menuju tahun 2045, Indonesia diharapkan menjadi ekonomi lima besar di Asia. Sebab jumlah generasi milenial sebagai bonus demografi semakin besar.

“Mereka hidup di era ekonomi digital, lahir dengan gawai. Fasih dengan inovasi serta optimistis terhadap masa depannya," katanya. 

Baca juga: Sandiaga Uno Dukung Jokowi soal Omnibus Law

Bahkan, kata Sandiaga, 66 persen dari mereka ingin membuka usaha sendiri dan optimistis menatap masa depan. Sebab, mereka memiliki usia yang produktif dan badan yang sehat.

“Ini kita harapkan bisa menjadi peluang bagi bangsa ini untuk berkembang,” tambahnya.

Sandiaga mengatakan, pihaknya harus memastikan bahwa kaum milenial memiliki kepastian dalam mendapatkan peluang kerja yang berkualitas. Hal itu bisa didorong melalui kewirausahaan.

"Kalau OK Oce terus bisa dorong di Jember, akan memunculkan semangat baru," katanya. 

Baca juga: Tiru Jurus Sandiaga Uno, Faldo Maldini Akan Kunjungi 500 Titik di Sumbar

Sebab, masalah kesenjangan ekonomi, ketidakadilan yang selama ini memicu radikalisme bisa dicarikan solusi dengan kegiatan positif milenial, seperti menciptakan peluang usaha.

“Kita semua perlu masukan, karena yang paling mengerti adalah milenial sendiri, karena ini generasi yang sangat berbeda dengan generasi sebelumnya,” tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com