Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Yoyok, Nama Anaknya Sama dengan Cucu Ketiga Jokowi, Lembah Manah

Kompas.com - 29/11/2019, 21:26 WIB
Labib Zamani,
Robertus Belarminus

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Nama cucu ketiga Presiden Joko Widodo (Jokowi), La Lembah Manah sempat menjadi perhatian karena unik dan sarat Bahasa Jawa. Lembah Manah mengandung arti rendah hati.

Namun, jauh sebelum anak perempuan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda tersebut lahir, sudah ada anak laki-laki di Solo, Jawa Tengah, yang punya nama sama.

Dia adalah Lembah Manah (9). Lembah merupakan anak kedua dari pasangan Yoyok Prima Maulana (42) dan Indah Fajarwati (37), warga Jalan Bawean Nomor 17, Timuran, Banjarsari, Solo.

Yoyok mengatakan, anak bungsunya itu lahir 11 Maret 2010. Lembah lahir secara normal di rumah sakit sama ketika cucu perempuan mantan Wali Kota Surakarta itu dilahirkan, yaitu RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Baca juga: Jusuf Kalla Ucapkan Selamat atas Lahirnya Cucu Ketiga Jokowi, La Lembah Manah

Tak hanya itu, dokter yang menangani proses persalinan istrinya tersebut merupakan dokter yang saat itu juga menangani proses Selvi Ananda melahirkan, Soffin Arfian.

"Lahir di PKU Muhammadiyah Surakarta. Yang menangani juga dokter Soffin (sama dengan anaknya Gibran)," kata Yoyok, kepada Kompas.com, di Solo, Jawa Tengah, Jumat (29/11/2019).

Yoyok mengaku, sudah sejak lama mempersiapkan nama untuk anak keduanya tersebut. Karena dari dulu dirinya ingin memiliki anak yang rendah hati dan penuh kasih.

Yoyok pun tak menyangka jika anak kedua Gibran tersebut namanya sama seperti anak keduanya yang kini duduk di bangku kelas 4 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bromantakan 56 Surakarta itu.

"Ide nama (Lembah Manah) dari saya. Kebetulan saya orang Jawa. Nama itu unik dan bukan nama pasaran. Maka dipilihlah Lembah Manah," ungkap Yoyok.

Nama Lembah Manah tersebut, lanjut Yoyok, sempat menjadi bahan pembicaraan banyak orang karena dianggap aneh. Begitu pula di sekolah, Lembah kerap diolok-olokan oleh temannya.

Tetapi, setelah adik Jan Ethes Srinarendra tersebut lahir dan diberi nama Lembah Manah, akhirnya tanggapan orang terhadap anaknya pun berbeda.

"Sekarang berbeda. Balik memuji setelah tahu cucu Jokowi juga pakai nama Lembah Manah," tutur dia.

Baca juga: Akikah La Lembah Manah, Gibran Gelar Pengajian

Meski nama anaknya tersebut sama anak perempuan Gibran, Yoyok mengatakan, tidak terlalu mempersoalkan.

Karena dirinya menganggap lebih dahulu memberikan nama tersebut untuk anak keduanya.

"Saya mah woles (santai) saja. Kan saya duluan yang kasih nama," ujar dia tertawa.

Keunikan nama itu tidak hanya pada anak kedua Yoyok. Tetapi, anak pertamanya juga tergolong unik.

Namanya adalah Banyu Biru (13). Banyu Biru lahir pada 26 Juni 2006.

"Banyu Biru itu artinya samudera. Jadi agar si anak punya hati atau jiwa seluas samudera," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com