Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berniat Jadi Tuan Rumah KTT G20. Gubernur Sulut Akan Bangun 3 Hotel Bintang 5

Kompas.com - 27/11/2019, 20:54 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, pemerintah daerah akan membangun hotel bintang lima di KEK pariwisata Likupang.

Hal itu dilakukan terkait niat Sulut menjadi tuan rumah KTT G20 tahun 2023. 

 

"Kita akan membangun tiga hotel berbintang lima di Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Pariwisata Likupang, Kabupaten Minahasa Utara," kata Gubernur Olly di Manado, Rabu (27/11/2019).

Baca juga: Gubernur Olly Lobi Pemerintah Pusat agar KTT G20 Tahun 2023 Digelar di Sulawesi Utara

Selain membangun hotel bintang lima, pemerintah melalui kementerian terkait juga akan menyiapkan pembangunan akses jalan sebanyak empat lajur.

Begitupun dengan perluasan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, sehingga mampu didarati pesawat sekelas Boeing-777.

"Kita mempersiapkan semuanya itu," ujar dia.

Selain pembangunan infrastruktur, pemerintah daerah juga tengah mempersiapkan sumber daya manusia yang menguasai bahasa asing.

"Kita akan berangkatkan ke luar negeri sumber-sumber daya potensi yang bisa mempelajari bahasa Inggris dan Mandarin," ujar Olly.

Gubernur Sulut ke-13 itu optimistis akan memberikan dampak bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, jika provinsi itu menjadi penyelenggara KTT G20.

Bendahara Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan, pemerintah daerah telah mengajukan ke pemerintah pusat agar provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu dapat menjadi penyelenggara KTT G20.

Baca juga: Di Forum G20, Puan Paparkan Strategi Hadapi Perang Dagang China dan AS

Pada rapat terbatas beberapa waktu lalu, dari lima destinasi pariwisata super prioritas yang ditetapkan pemerintah, dua provinsi yaitu Sulut dan Labuan Bajo, NTT menjadi kandidat pelaksanaan KTT G20.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com