Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Lewat Program Voted, SDM di Riau Dididik agar Berdaya Saing Global

Kompas.com - 27/11/2019, 14:54 WIB
Inadha Rahma Nidya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Direktur Institut Kemandirian Dompet Dhuafa Abdurahman Usman mengatakan, kelas Vocational Training for Enterpreneurship and Workforce Development (Voted) di Provinsi Riau mampu mewujudkan sumber daya manusia yang dapat bersaing di skala nasional maupun internasional.

“Kelas vokasional dapat mengikit pengangguran negeri ini. Terlebih, para peserta yang masih berada di usia produktif mampu bersaing dan mengubah kehidupannya ke arah lebih baik,” kata Abdurahman, seperti dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/11/2019).

Abdurahman sendiri mengatakan itu saat pameran hasil karya peserta Voted di Lapangan Taman Angsana, Riau, Sabtu (23/11/2019).

Untuk diketahui, Voted merupakan program kemitraan dari Chevron, Pemerintah Provinsi Riau, dan Yayasan Dompet Dhuafa.

Baca juga: Kemenaker Jelaskan Keuntungan Industri jika Lakukan Pelatihan Vokasi

Voted dibuat untuk membangkitkan mimpi anak-anak yang terkendala perekonomian keluarga untuk melanjutkan sekolah.

“Namun, paling penting adalah peruntukannya bagi mereka yang memiliki semangat tinggi untuk sukses,” kata Perwakilan Manajemen PT Chevron Pacific Indonesia, Andi Cakrayani.

Program Voted sudah berjalan sejak 2018. Sejauh ini, 300 peserta yang berasal dari 7 kota/ kabupaten di Provinsi Riau mendapat materi pembelajaran dan praktik langsung.

Selama program Voted berjalan, peserta didik ditempatkan di asrama sehingga memudahkan mentor dalam memonitor perkembangan dan membentuk karakter peserta.

Pameran peserta Voted

Adapun terkait pameran hasil karya peserta Voted, gelaran tersebut menjadi sarana peserta didik menunjukkan hasil karya kelas fashion and design, otomotif, komputer desain grafis, teknik pengolahan pangan, dan welding.

Karya tersebut merupakan hasil kreasi terbaik peserta dari masing-masing kelas.

Kepala Bidang Pelatihan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bengkalis Linda mengucapkan rasa terima kasih atas pelaksanaan program Voted.

“Kegiatan yang bagus bagi generasi muda sehingga keterampilan adik-adik di Riau mampu berkembang dan bersaing. Semoga ke depannya program terus bergulir dan jangkauannya semakin luas,” kata Linda yang juga menghadiri pameran tersebut.

Baca juga: Kemnaker: Pelatihan Vokasi Diperlukan untuk Hadapi Revolusi Industri 4.0

Perlu diketahui, pada pameran tahun ini, Voted mengundang tamu dari pemerintahan, tokoh masyarakat, peserta workshop, dan pihak PT Chevron Pacific Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com