Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Rokan Hulu Surut, Warga Bersihkan Sampah dan Lumpur

Kompas.com - 27/11/2019, 12:49 WIB
Idon Tanjung,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Banjir di Pasir Pengaraian, ibu kota Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, sebagian besar sudah surut, Rabu (27/11/2019). Kini, warga tengah sibuk membersihkan sampah dan lumpur di dalam rumah sisa banjir. 

Sejumlah warga tampak mengeluarkan bermacam jenis sampah dari rumahnya. Mulai dari sampah pelastik hingga kayu-kayu.

Selain itu, warga membersihkan lumpur yang lengket pada lantai dan dinding rumah mereka.

Suwarni (47), salah seorang warga yang menjadi korban banjir tengah membersihkan rumahnya dari sisa banjir.

Baca juga: Banjir di Rokan Hulu Mulai Surut, Jalur Lintas Riau-Sumut Bisa Dilewati

"Di dalam rumah banyak lumpur yang tertinggal. Sebab, semalam air sampai satu meter di dalam rumah saya," kata Suwarni kepada Kompas.com, Rabu siang.

Dia mengaku sudah setengah bersih-bersih rumah dari sisa banjir. Karena kalau tidak cepat dibersihkan, lumpur akan lengket pada lantai dan dinging, yang bisa mengeluarkan bau tak sedap.

Sambil mencuci lantai, Suwarni mengatakan bahwa banjir datang pada, Minggu (24/11/2019) siang.

Selama dua hari dua tiga malam banjir disekitar rumahnya dengan ketinggian air mencapai satu hingga tiga meter. Sehingga, warga tidak bisa keluar rumah.

Baca juga: Banjir di Rokan Hulu Memutus Jalur Riau-Sumatera Utara

Beruntung, Rabu dini hari banjir sudah mulai surut.

"Banjir di Desa Babussalam ini terjadi setelah banjir di Desa Pelanduk, karena masih satu aliran sungai di Kecamatan Rambah ini," sebut Suwarni.

Namun, dia dan keluarganya tidak mengungsi, karena rumahnya bertingkat dua. Sedangkan air hanya memasuki rumahnya di lantai dasar. 

Akibat banjir ini, Suwarni mengaku sejumlah barang elektronik miliknya terendam air.

"Kulkas ada tiga di lantai bawah yang terendam. Sampai sekarang belum dihidupkan, karena tunggu kering dulu. Semoga saja tidak rusak," ujarnya.

Baca juga: Tim Basarnas Evakuasi Warga Korban Banjir di Rokan Hulu

Waspada banjir susulan

Meski banjir sekarang sudah surut, warga tetap mewaspadai banjir susulan, karena kondisi cuaca yang terkadang tak bisa ditebak. Apalagi, tadi pagi sebagian wilayah Rohul masih diguyur hujan sedang.

Sementara itu, ruas jalan di permukiman warga masih digenangi setinggi 40 sentimeter. Namun, genangan air perlahan semakin, sehingga kendaraan bermotor sudah bisa melintas.

Sebagaimana diberitakan, banjir di Rohul merendam tiga daerah, yaitu Kecamatan Rambah, Kecamatan Rokan IV Koto dan Kecamatan Kunto Darussalam.

Banjir akibat luapan air sungai ini, ratusan rumah warga terdampak. Aktivitas warga lumpuh. Bahkan, jalan lintas nasional Riau-Sumut terputus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com