Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Kampung di Karawang Terancam Hilang akibat Abrasi Laut

Kompas.com - 27/11/2019, 12:33 WIB
Farida Farhan,
Dony Aprian

Tim Redaksi

KARAWANG, KOMPAS.com - Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi menemukan satu kampung di Desa Cemarajaya, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, terancam hilang akibat abrasi laut.

Hal tersebut, kata dia, didapati saat mengunjungi kampung tersebut.

"Satu kampung nyaris hilang akibat abrasi. Sekarang yang tersisa tinggal satu masjid dan satu rumah, itu pun dapurnya sudah hilang," kata Dedi kepada Kompas.com, Rabu (27/11/2019).

Dia menambahkan, abrasi telah mengikis tanah hampir 200 meter, yang sebagian tanah ditempati rumah warga.

Baca juga: Warga Terdampak Abrasi di Karawang Bakal Direlokasi ke Rumah Kontrakan

Dikatakan Dedi, sempadan pantai terkikis abrasi akibat pohon yang berfungsi sebagai pelindung tanah dari ombak laut, habis dibabat untuk budi daya udang dan ikan bandeng.

Akibat tanahnya diterjang abrasi bertahun-tahun, warga satu kampung pindah ke lokasi yang lebih aman, seperti area tambak dan kuburan China.

Saat ini, kata Dedi, Pemkab Karawang memang sudah menyiapkan tanah untuk merelokasi warga. Sementara pembangunan rumah akan dikoordinasikan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Namun, menurut Dedi, esensinya bukan itu. Masalah relokasi dan pembangunan rumah terdampak abrasi serta pembuatan sabuk pantai adalah teknis.

Baca juga: Atasi Abrasi, Monumen Perdamaian akan Dipasang Infrastruktur Permanen

Tapi yang menjadi persoalan penting adalah pengawasan terhadap sempadan pantai relatif lemah. Kearifan dalam pengelolaan laut telah hilang.

"Kalau sekadar buat tanggul, itu teknis. Terpenting, kearifan pengelolaan laut yang hilang. Masyarakat sudah kehilangan kearifan dalam pengelolaan laut, termasuk konservasi," ujarnya.

Dia menjelaskan, hilangnya kearifan dalam pengelolaan laut disebabkan intervensi para pebisnis di sektor perikanan.

"Yang harus dilakukan yakni kembali membangun kesadaran arti penting pengelolaan sumber daya laut dan penanaman kembali pohon bakau di sempadan pantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com