Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Asmat Berikan Aspirasi soal Provinsi Baru kepada Anggota DPR

Kompas.com - 26/11/2019, 12:04 WIB
Kontributor Kompas TV Timika, Irsul Panca Aditra,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

ASMAT, KOMPAS.com - Anggota Komisi II DPR RI Komarudin Watubun menerima aspirasi dari masyarakat Asmat, Papua, soal pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua Selatan, Senin (25/11/2019).

Aspirasi itu diserahkan oleh Bupati Asmat Elisa Kambu dan Wakilnya Thomas Eppe Safanpo, dengan didampingi tokoh masyarakat dan tokoh agama di Lapangan Museum Asmat, Distrik Agats yang merupakan ibukota Kabupaten Asmat.

Komarudin mengatakan, meski kehadirannya dalam rangka kunjungan kerja menghadiri Festival Asmat Pokman, namun sebagai wakil rakyat dirinya siap menerima aspirasi masyarakat tersebut.

Apalagi, menurut Komarudin, perjuangan tokoh masyarakat dan pemerintah di wilayah Papua Selatan sudah sekian lama dilakukan.

Baca juga: Bupati Asmat: Pemekaran Provinsi Papua Selatan Sesuai Aspirasi Masyarakat

Untuk itu, dia akan memperjuangkan pembentukan Provinsi Papua Selatan, demi kepentingan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Saya siap mengakomodasi aspirasi masyarakat. Nanti akan saya serahkan juga kepada teman-teman DPR RI pusat," kata Komarudin yang juga Ketua DPP Dewan Kehormatan PDI Perjuangan.

Namun yang terpenting, menurut Komarudin, pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat harus bersama-sama mendukung penuh apa yang sudah diaspirasikan soal pembentukan Provinsi Papua Selatan.

Dengan demikian, apa yang diperjuangkan dapat berjalan maksimal dan lancar.

Baca juga: Profil Iris Murib, Pimpinan KKB yang Dikenal Sadis dengan Catatan Hitam

Sementara itu, Bupati Asmat Elisa Kambu berharap aspirasi dari masyarakat soal pembentukan Provinsi Papua Selatan dapat segera direalisasikan pemerintah pusat.

Di samping itu, dia juga berharap pemerintah pusat dapat mendukung dan membantu program-program pembangunan di Asmat.

"Asmat akan semakin maju, karena pemerintah daerah konsisten siap berkomunikasi baik dengan pemerintah pusat setempat, demi kesejahteraan warga di seluruh pelosok Asmat," kata Elisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com