Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200.000 Lahan di DAS Citarum Kritis

Kompas.com - 26/11/2019, 11:12 WIB
Agie Permadi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Berdasarkan data Dinas Kehutanan Jawa Barat, ratusan ribu hektar lahan di daerah aliran sungai (DAS) Citarum, di luar kawasan hutan, dan di kawasan hutan di Jawa Barat dinilai kritis.

Guna menyelamatkan hutan di kawasan hutan DAS Citarum Ditjen Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Ditjen Gakkum LHK) menggelar kampanye penyelamatan DAS Citarum.

Kampanye "Selamatkan DAS Citarum untuk Kehidupan" ini melibatkan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA)  Jabar, Pemerintah Daerah Jabar, TNI, Polri, Perum Perhutani, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Tokoh Masyarakat Jabar.

Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan, Sustyo Iriyono mengatakan bahwa pihaknya akan selalu mengedepankan upaya penyadaran masyarakat dan pencegahan dalam rangka mengamankan dan memulihkan kembali ekosistem kawasan hutan DAS Citarum.

Baca juga: Masuki Musim Hujan, Hulu Sungai Citarum Bakal Ditanam 1,9 Juta Pohon

"Akan tetapi Ditjen Gakkum LHK tidak menutup kemungkinan akan melakukan upaya penegakan hukum secara tegas jika aktivitas illegal di dalam kawasan hutan masih terus terjadi,” kata Sustyo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/11/2019).

Kampanye penyelamatan DAS Citarum ini meliputi dialog interaktif narasumber dari KLHK,  pakar lingkungan dari Institut Teknologi Bandung serta praktisi Satgas DAS Citarum, selain itu dilakukan juga pemberian bantuan bibit untuk masyarakat sekitar hutan.

Menurutnya, DAS Citarum memiliki peran yang sangat besar dan penting bagi lingkungan dan masyarakat Jawa Barat, namun terdapat kerusakan lahan di areal pengguna lainnya  sebagai penyumbang erosi berasal dari fungsi lahan antara lain pertanian, pemukiman, sawah, perkebunan dan lain-lain.

"Berdasarkan data Dinas Kehutanan Jawa Barat, terdapat hampir 200 ribu ha lahan kritis di DAS Citarum, 147 ribu ha berada di luar kawasan hutan, sedangkan sisanya sebanyak 52 ribu ha terdapat di kawasan hutan," katanya.

Baca juga: Penghapusan Amdal Dinilai Bisa Rusak Kelestarian Sungai Citarum

Dalam paparan Sekjen Forum DAS Citarum Jabar,  Dr. Yayat terdapat 9 langkah penting upaya pemulihan DAS Citarum yaitu: rehabilitasi dan reboisasi lahan kritis di daerah hulu, normalisasi fungsi alur sungai citarum, relokasi pemukiman warga yang berdampak, sosialisasi dan edukasi masyarakat, penegakan hukum secara tegas, relokasi sejumlah industri, integrasikan program RPDAS ke dalam RPJMD, komitmen bersama multi pihak serta perencanaan pembangunan berbasis DAS.

“Solusi konkrit memulihkan DAS Citarum melalui pendekatan struktural dan non struktural. Tidak cukup  hanya pendekatan yang sifatnya teknoratik tetapi pola pendekatan sosial harus dikedepankan. Terutama dalam rangka menumbuhkan kesadaran dan perilaku masyarakat dalam memelihara dan menjaga lingkungan”, tandas Dadang Sudarja salah satu praktisi dan tokoh masyarakat Jabar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com