Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Izin Operasional Bandara Notohadinegoro Jember Mati Sejak Maret 2018

Kompas.com - 22/11/2019, 20:30 WIB
David Oliver Purba

Editor

KOMPAS.com - Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Jember terkejut mengetahui izin operasional Bandara Notohadinegoro, Jember, tidak berlaku atau mati sejak Maret 2018.

Ketua Komisi C DPRD Jember David Handoko mengatakan, hal itu diketahui saat pihaknya melakukan inspeksi mendadak di Bandara Notohadinegoro Jember, Selasa (19/11/2019).

Awalnya, sidak dilakukan untuk mengetahui penyebab berhentinya operasional maskapai Citilink dalam melayani rute Jember-Surabaya atau sebaliknya.

"Dari inspeksi mendadak tersebut kami kaget bahwa Bandara Notohadinegoro Jember tidak memiliki izin operasional secara resmi, sehingga kami perlu mendapat penjelasan dari Dinas Perhubungan terkait persoalan itu secara detail," ujar David, di kantor DPRD Jember, Jawa Timur, Jumat (22/11/2019).

Baca juga: Erupsi, Bandara Notohadinegoro Ditutup

Terkait hal itu, Komisi C akan memanggil Dinas Perhubungan Jember, pekan depan.

"DPRD Jember sangat menyayangkan hal tersebut terjadi, padahal sudah ada maskapai yakni Wings Air dan Citilink yang menerbangi rute Surabaya-Jember-Surabaya. Namun, Citilink menghentikan operasional penerbangannya sejak 14 November 2019," ucap politisi Partai Nasdem Jember itu.

Sementara itu, Kepala UPT Bandara Notohadinegoro Edy Purnomo saat dikonfirmasi, enggan memberikan komentar.

Ia meminta agar wartawan menanyakan langsung kepada Dinas Perhubungan Jember.

Edy hanya mengatakan bahwa pihak UPT sudah menyediakan dokumen yang dibutuhkan untuk perpanjangan perizinan bandara tersebut.

Sebelumnya, maskapai Citilink mengirimkan surat kepada Kepala UPT Bandara Notohadinegoro pada 12 November 2019, tentang surat pemberitahuan penghentian operasional penerbangan Citilink Indonesia untuk rute Surabaya-Jember-Surabaya.

Dalam surat itu disebutkan, Citilink berhenti beroperasi di Bandara Notohadinegoro Jember mulai 14 November 2019, sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Diguyur Debu Vulkanik Gunung Raung, Bandara Notohadinegoro Masih Ditutup

Dengan berhentinya operasional maskapai Citilink, hanya satu maskapai yakni Wings Air yang masih beroperasi di Bandara Notohadinegoro, dengan rute penerbangan Surabaya-Jember-Surabaya dengan jadwal terbang setiap hari satu kali penerbangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com