Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bulan Pasca-rusuh Wamena, Proses Rekonstruksi Belum Berjalan

Kompas.com - 18/11/2019, 17:10 WIB
Dhias Suwandi,
Farid Assifa

Tim Redaksi

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pascakerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, pada 23 September 2019, proses rekonstruksi bagunann yang hangus terbakar belum juga berjalan.

Kecuali, Pasar Wouma yang kini telah selesai dibangun dan kembali difungsikan.

"Sampai saat ini untuk proses rehab dan tekontruksi belum berjalan, khususnya bantuan dari pemerintah pusat. Kondisi Wamena masih tetap seperti pascakerusuhan lalu," kata Komandan Kodim 1702/Jayawijaya Letkol Inf Candra Dianto, saat dihubungi melalui telepon, Senin (18/11/2019).

Karenanya, hingga kini masih ada sejumlah warga yang masih mengungsi karena harta bendanya sudah habis terbakar.

Baca juga: Kapolda Papua Sebut Masih Ada Hoaks Pasca-Kerusuhan Wamena

Khusus di Kodim, Candra menyebut, saat ini ada 30 warga yang masih mengungsi.

"Sementara yang rumahnya terbakar belum kembali ke Wamena, ada pun yang sudah kembali saat ini masih mengungsi di Kodim, gereja dan tempat lainnya," kata dia.

Menurut Candra, warga yang masih mengungsi sangat bergantung pada bantuan dari pemerintah karena mereka kini tidak memiliki harta dan memilih tetap bertahan di Wamena.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Senin (28/10/2019)

Dalam kunjungannya, Presiden melihat langsung sisa-sisa bangunan yang hangus terbakar saat kerusuhan yang terjadi di Wamena pada 23 September.

Kepada wartawan, Presiden mengaku telah memerintahkan Kementerian PUPR dibantu oleh TNI untuk mempercepat rekronstruksi pembangunan di Wamena.

Baca juga: Pengungsi Wamena di Ponorogo Ingin Dipermudah Urus KTP

Seperti pembangunan ulang Pasar Woma yang juga hangus terbakar saat kerusuhan.

"Pasar ini menjadi prioritas dan didahulukan, saya sudah perintahkan dua minggu sudah harus selesai dan bisa beroperasi. Dengan demikian, kegiatan perekonomian di pasar ini kembali  berjalan normal seperti sebelumnya," ujar Jokowi, Senin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com