Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Berobat, Warga Pedalaman Ditandu Belasan Orang, Berjalan Selama 3 Hari ke Puskesmas Terdekat

Kompas.com - 18/11/2019, 13:05 WIB
Junaedi,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Belasan warga Desa Lenggo, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat terpaksa menempuh belasan kilometer dengan berjalan kaki menuju puskesmas terdekat di kota kecamatan. 

Belasan warga ini menandu pasien yang sakit, dan berjalan selama tiga hari dari kampung halaman mereka. 

Belum adanya infrastruktur jalan membuat warga desa tersebut kesulitan mengakses sarana kesehatan. 

Pasien yang sakit bernama Dekke (40). lantaran sakitnya, ia harus ditandu belasan tetangganya, melewati sungai dan pegunungan, menuju puskesmas. 

Rombongan meninggalkan kampungnya pada Rabu (13/11/2019) pukul 07.00 WITA, harapannya agar saat sampai di puskesmas, belum tutup. 

Baca juga: Kisah di Balik Ibu Hamil yang Melahirkan di Tepi Jalan Rusak, Dibantu Warga hingga Ditandu dengan Kain Sarung

Sakit ditandu, bukan hal baru

Demi berobat, warga bernama Dekke harus ditandu menempuh jarak belasan km, menyusuri sungai dan bukit, menuju puskesmas di kota kecamatan di Polewali Mandar, Rabu (13/11/2019). KOMPAS.com/JUNAEDI Demi berobat, warga bernama Dekke harus ditandu menempuh jarak belasan km, menyusuri sungai dan bukit, menuju puskesmas di kota kecamatan di Polewali Mandar, Rabu (13/11/2019).
Menurut warga Desa Lekko ini, mereka terus menerus secara bergantian mengantarkan sanak keluarga atau tetangga menuju puskesmas terdekat itu, di kota kecamatan.  

Sehingga, cerita pasien harus ditandu berhari-hari menuju puskesmas bukanlah cerita yang mengejutkan bagi warga desa ini. 

Hal itu disampaikan Habib, salah satu warga yang ikut menandu Dekke. Menurut dia, warga di desanya kadang ditandu dengan tandu bertudung, atau hanya ditandu dengan sarung dan batang bambu. 

"Kondisi jalan menuju desa hanya jalan setapak, tidak bisa dilalui kendaraan," kata Habib.  

Ia berharap pemerintah turun tangan dan membenahi kondisi jalan desa mereka agar kehidupan dan perekonomian warga bisa lebih baik. 

Baca juga: 7 Kisah Pasien Ditandu Menuju Puskesmas, Disebut Ambulans Desa hingga Selamatkan Ibu Melahirkan

Anggaran pembuatan jalan terbatas

Sebelumnya, Kepala Dinas PU Kabupaten Polewali Mandar Edi Wibowo menyebutkan, saat ini baru jalan provinsi yang yang dibangun beberapa kilometer.

Sementara jalan desa yang dikeluhkan warga sejak bertahun-tahun lalu belum bisa dibenahi pemerintah daerah karena alasan keterbatasan anggaran.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com