Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, 11 Wilayah di Sumsel Berpotensi Banjir dan Tanah Longsor

Kompas.com - 15/11/2019, 18:13 WIB
Aji YK Putra,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan mencatat terdapat 11 wilayah berpotensi terjadinya banjir dan tanah longsor saat musim hujan.

Sebelas wilayah itu meliputi Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Musi Rawas, PALI, Muara Enim, Banyuasin, Musi Banyuasin, dan OKI.

Baca juga: Sekolah Terendam Banjir, Siswa MTsN Matangkuli Terpaksa Diliburkan

Selanjutnya, Kabupaten Empat Lawang, Pagar Alam, Lahat, dan OKU Selatan, diprediksi bakal terancam terkena tanah longsor.

Kepala BPBD Sumsel Iriansyah mengatakan selain banjir dan tanah longsor, puting beliung juga patut diwaspadai. Sebab, 82 rumah di Kabupaten Banyuasin, rusak berat akibat diterpa angin puting beliung. 

"Untuk dataran tinggi dan hulu Sumsel rentan tekena banjir dan tanah longsor. Sementara, daerah perairan terkena puting beliung. Warga diimbau tetap waspada," kata Iriansyah, Jumat (15/11/2019).

Jika terjadi demikian, pihaknya akan berkoordinasi terkait penambahan personel, peralatan dan logistik.

“Dengan pemetaan ini, kita bisa melakukan persiapan sejak dini," ujarnya.

Baca juga: Setelah Banjir, Bencana Tanah Longsor Juga Terjadi di Sidrap

Humas Basarnas Kota Palembang Topan menerangkan, mereka telah menyiapkan pos bencana untuk mencegah banjir dan tanah longsor di sejumlah wilayah. Selain itu, sejumlah alat berat juga diturunkan ke lokasi.

"Kita siapkan semuanya untuk mengantisipasi jika terjadi longsor. Alat berat juga sudah disediakan sehingga sewaktu-waktu bila terjadi bencana, kami bisa segera melakukan evakuasi," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com