Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan dan Angin Kencang di Banyuasin, 83 Rumah Rusak

Kompas.com - 13/11/2019, 21:55 WIB
Aji YK Putra,
Dony Aprian

Tim Redaksi

PALEMBANG, KOMPAS.com - Peristiwa hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel), membuat 83 rumah warga mengalami rusak parah, Rabu (13/11/2019).

Rusaknya 83 bangunan terjadi di tiga desa, yakni Desa Up Karya sebanyak 63 rumah, Desa Mekar Sari 14 rumah dan Desa Mukti Jaya 5 rumah.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.

Baca juga: Bencana Angin Kencang di Bojonegoro Meluas, 1.445 Rumah Warga Rusak

Dia menambahkan, warga yang rumahnya rusak telah mengungsi ke sanak keluarga yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Dari kejadian tersebut, dua warga mengalami luka akibat terkena runtuhan rumah saat angin puting beliung terjadi.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuasin pun saat ini belum bisa ke lokasi lantaran terkendala akses jalan yang sulit.

"Lokasinya berada di daerah perairan. Sekarang masih hujan, sehingga tidak memungkinkan untuk ke lokasi. Kita menunggu cuaca sedikit redah untuk dapat kesana,"ujarnya.

Baca juga: Selasa Siang, Tercatat 25 Bangunan Rusak Ringan hingga Sedang akibat Gempa Bali

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dikeluarkan oleh stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat  dan angin kencang sesaat terjadi pada pukul 17.10 WIB di wilayah OKI (Mesuji), Musi Banyuasin (Bayung Lincir, Batanghari Leko, Babattoman, Sanga Desa, Plakat Tinggi, Sungai Keruh), PALI (Talang Ubi), Muara Enim (Benakat, Ujan Mas, Muara Enim, Lawang Kidul, Semende Darat Tengah), Musi Rawas Utara (Nibung, Rawas Ilir, Karang Dapo), Musi Rawas (Muara lakitan, Muara Kelingi, BTS Ulu, Jayaloka), Lahat (Merapi Timur, Merapi Barat, Lahat, Merapi Selatan, Pulau Pinang, Kikim Timur) dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com