Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendaftar CPNS di Jatim Capai 2.362, Tertinggi Ketiga Nasional

Kompas.com - 13/11/2019, 20:02 WIB
Ghinan Salman,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SURABAYA, KOMPAS.com - Baru tiga hari dibuka, jumlah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Jawa Timur sudah mencapai 2.362 pendaftar. 

Kepala BKD Jawa Timur Anom Surahno mengatakan, jumlah peminat CPNS di Provinsi Jawa Timur memang cukup tinggi dan berada di urutan ketiga secara nasional.

"Di urutan pertama ada Kemenkumham, Kota Bogor, dan ketiga Provinsi Jatim dengan 2.362 pendaftar. Ternyata animo (rekrutmen CPNS) di Jatim cukup besar," kata Anom, saat dihubungi, Rabu (13/11/2019).

Baca juga: Baru 60 Pendaftar yang Sudah Submit untuk Seleksi CPNS di Lamongan

Anom menjelaskan, ada tiga faktor yang membuat rekrutmen CPNS di Jawa Timur menyedot animo masyarakat yang cukup tinggi.

Pertama, rekrutmen CPNS tahun ini terdapat perubahan persyaratan.

"Saat ini pendaftar cukup dari program studi (prodi) terakreditasi. Tidak ada lagi kualifikasi akreditasi A, B, atau C. Sepanjang terakreditasi, masyarakat boleh mendaftar," ujar dia.

Indikator kedua, karena sistem manajemen ASN di Jawa Timur sudah tertata, baik dalam hal Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) dan Tunjangan Kinerja (Tukin).

"Nah, yang ketiga, menurut saya, mereka berminat ke Jatim karena ada beberapa formasi yang dibutuhkan itu sesuai dengan yang mereka minta atau inginkan," ujar dia.

Ia menjelaskan, dari total 2.362 pendaftar, tercatat terdapat 615 pendaftar yang sudah melakukan submit atau telah melengkapi berkas.

Kemudian, sebanyak 444 pendaftar sedang dalam proses verifikasi, 122 pendaftar dinyatakan memenuhi syarat, serta ada 49 pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Anom menyampaikan, 49 pendaftar yang sudah dinyatakan tidak lolos persyaratan administrasi saat pendaftaran dengan penyebab yang beragam.

Kendati demikian, para pelamar yang tidak memenuhi persyaratan administasi disebut masih memiliki kesempatan untuk melengkapi dan menjelaskan kekurangannya di masa sanggah, setelah pendaftaran ditutup.

"Nanti di masa sanggah, para pelamar yang tidak memenuhi persyaratan maaih bisa melengkapi kekurangannya," tutur Anom.

Baca juga: Rekrutmen CPNS Jateng Berpotensi Lonjakan Pendaftar, BKD Jateng Ingatkan Segera Daftar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com