Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Sulbar Lupa Pakai Kacamata, Teks Pancasila Dibaca Tertukar

Kompas.com - 12/11/2019, 17:59 WIB
Junaedi,
Khairina

Tim Redaksi

 

POLEWALI MANDAR, KOMPAS.com – Untuk kedua kalinya, Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar kembali jadi viral di media sosial lantaran tertukar saat membaca sila Pancasila saat menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Minggu (10/11/2019).

Kesalahan serupa juga pernah dilakukan Gubernur Sulbar saat membacakan teks Pancasila pada Peringatan Sumpah Pemuda di kantor Gubernur Sulbar, 2017 lalu.

Sejumlah warganet dan orang dekat gubernur membela dan menganggap hal tersebut manusiawi.

Namun, tak sedikit warganet menilai hal tersebut sebagai sebuah ketidakpantasan pejabat negara, apalagi ini sudah berulang kali terjadi.

Baca juga: Peserta Tes CPNS yang Posting Anti-Pancasila Dipastikan Tak Lolos

Dalam video amatir berdurasi 1.41 menit itu Gubernur Sulbar tampak salah baca teks Pancasila yang ia pegang di depannya.

Kali ini, sila kedua yakni Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, tertukar dengan sila ketiga Pancasila, yakni Persatuan Indonesia.

Dari para peserta upacara yang sebagian besar sudah hapal teks Pancasila di luar kepala tersebut, terdengar suara mendua.

Sebagian peserta tetap membaca sila kedua dengan bunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” sesuai teks asli Pancasila.

Sementara, peserta lainnya ikut latah membacakan sila kedua Pancasila dengan bunyi “Persatuan Indonesia” mengikuti sang gubernur.

Meski gubernur tampak menganulir dan memperbaiki kembali urutan sila Pancasila yang salah baca di depan publik, namun video salah baca teks Pancasila untuk kedua kalinya tersebut kini kembali jadi viral di media sosial.

Warganet menghujat dan menganggap salah baca teks Pancasila untuk kesekian kalinya dari mantan bupati Polewali Mandar dua periode tersebut sebagai sesuatu yang tidak lumrah dan seharusnya tidak terjadi berulang kali.

Alasannya, sang gubernur bukan menghapal, melainkan membacakan teks Pancasila yang berada di tangannya sendiri.

Sekprov Sulbar Muhammad Idris yang dihubungi Selasa (12/11/2019) siang membenarkan jika  Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar memang salah baca.

Alasannya, gubernur tidak pakai kacamata dan lompat dari sila kedua ke sila ketiga, tapi akhirnya diulangi dan dibetulkan kembali oleh gubernur.

Kedua kali

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com