Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bencana Angin Kencang di Bojonegoro Meluas, 1.445 Rumah Warga Rusak

Kompas.com - 12/11/2019, 17:14 WIB
Hamzah Arfah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

BOJONEGORO, KOMPAS.com - Setelah dilanda bencana angin kencang pada Sabtu (9/11/2019), bencana serupa kembali menerjang beberapa wilayah di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Senin (11/11/2019) kemarin.

Meski tidak separah seperti sebelumnya, namun angin kencang tersebut membuat beberapa rumah warga mengalami kerusakan.

Total hingga hari ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro sudah mencatat ada total sebanyak 1.445 rumah warga yang mengalami kerusakan akibat bencana angin kencang.

Mulai dari yang mengalami kerusakan ringan, sedang, hingga kategori rusak berat.

"Untuk data yang masuk, yang kami dapatkan hingga saat ini, ada sebanyak 1.204 rumàh mengalami kerusakan ringan, rusak sedang 194 rumah, dan rusak berat atau roboh itu ada 47 rumah," ujar Sekretaris BPBD Bojonegoro, Nadif Ulfia, saat dihubungi, Selasa (12/11/2019).

Baca juga: 5 Rumah di Ngawi Roboh Diterjang Hujan Disertai Angin Kencang

Ulfia menerangkan, kebanyakan laporan kerusakan yang masuk ke BPBD Bojonegoro hingga saat ini memang rumah warga.

Meskipun ada juga beberapa fasilitas umum (fasum), yang sempat terimbas bencana angin kencang kali ini.

"Untuk fasum itu nggak seberapa. Kami baru dapat laporan, hanya antena wifi di Kecamatan Sugihwaras dan Sukosewu yang ambruk terkena angin kencang," ucap dia.

Hanya Ulfia mengaku, dari cakupan daerah yang terdampak bencana angin kencang memang meluas dari sebelumnya, dari yang sebelumnya mencakup 12 Kecamatan di 38 desa yang ada di Bojonegoro.

"Saat ini menjadi 13 Kecamatan, tambahan yang terdampak itu Kecamatan Margomulyo. Ini juga angin kencang (datang) lagi, semoga tidak ada lagi bangunan yang rusak," kata dia.

Baca juga: Hujan Es dan Angin Kencang Tumbangkan Pohon di Bojonegoro

Bantuan terpal dan sembako

Bupati Anna Muawanah bersama jajaran BPBD Bojonegoro, dikatakan Ulfia, sudah melakukan sidak ke beberapa lokasi yang terdampak bencana angin kencang.

Seperti di Kecamatan Sukosewu, Dander, Ngasem, serta Tambakrejo.

"Kemarin Ibu Bupati juga sudah melakukan sidak, sudah bantu kasih sembako dan terpal kepada warga yang langsung dikunjungi oleh beliau," tutur dia.

Tidak sekadar warga yang dikunjungi Bupati, namun BPBD Bojonegoro bakal melanjutkan pemberian bantuan serupa ke beberapa warga lain yang terdampak bencana, sesuai dengan data yang mereka dapatkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com