Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kronologi Seorang Karyawan Tewas setelah Separuh Badanya Terjepit Mesin Roll

Kompas.com - 12/11/2019, 11:24 WIB
Candra Setia Budi

Editor

KOMPAS.com - Seorang karyawan PT Albasia Sejahtera Mandiri (ASM) bernama Muhamad Adji Massaid (20) warga Dusun Gompyong, Desa Cukil, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan kerja, Senin (11/11/2019) sekitar pukul 11.45 WIB.

Korban meninggal dunia setelah separuh badanya terjepit mesin roll.

Kasubbag Humas Polres Semarang, Iptu Budi Supraptono mengatakan, menurut keterangan dokter Anggara dari RSUD Salatiga, korban meninggal akibat dada yang tertekan sehingga menyebabkan gagal nafas.

"Sementara untuk luka ada patah tulang leher, pendarahan di mulut patah tulang dada, dan memar di tangan," ujarnya, Senin.

Baca juga: Seorang Karyawan Tewas setelah Separuh Badannya Terjepit Mesin Roll

Dijelaskan Budi, kecelakaan kerja yang dialami korban berawal saat ia bersama rekannya, Pris Darmawanto selaku kepala unit, serta Danang Setiaji, Rizky Dwi Sanjaya, Slamet Waluyo, dan Arif Kurniawan, membersihkan mesin glue.

"Awalnya ketiga karyawan tersebut membersihkan roll mesin glue dari arah barat. Setelah selesai, berganti membersihkan roll mesin glue dari arah timur," jelasnya.

Saat itu, posisi korban berada di paling selatan, sementara Danang di tengah, sedangkan Rizky berada di sebelah utara.

Awalnya, sambung Budi, Rizky membersihkan roll hitam mesin glue dengan menggunakan sikat, namun sikat tertarik masuk ke roll.

Baca juga: Ibu dari Mahasiswa Unitas Palembang yang Tewas Dianiaya 3 Senior Minta Pelaku Dihukum Mati

Mengetahui sikat tertarik saat membersihkan roll hitam, Rizky memberitahu korban dan Danang untuk tidak membersihkannya dan sesuai ketentuan, roll warna hitam seharusnya dibersihkan dari arah barat.

Tak berselang lama, saat Danang menoleh ke arah kiri, betapa terkejutnya dia ketika melihat kedua tangan korban sudah terjepit di antara roll warna hitam.

Melihat korban sudah dalam posisi terjepit, Danang langsung mematikan mesin, akan tetapi mesin tidak langsung menghentikan roll hitam yang berputar.

Setelah roll berhenti berputar, korban sudah meninggal dunia dengan keadaan setengah badan terjepit.

Karena adanya kejadian tersebut, pengelola pabrik lalu melapor ke Polsek Tengaran. Pukul 13.00 WIB, tubuh korban berhasil dievakuasi dan dibawa ke RSUD Salatiga.

(Penulis: Kontributor Ungaran, Dian Ade Permana, | Editor: Farid Assifa)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com