Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbaikan, Penerbangan di Bandara APT Pranoto Samarinda Ditutup 26 Hari

Kompas.com - 08/11/2019, 20:12 WIB
Zakarias Demon Daton,
David Oliver Purba

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com - Penerbangan dari dan ke Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur, akan ditutup selama 26 hari terhitung sejak 20 November hingga 15 Desember 2019.

Penutupan tersebut dilakukan karena perbaikan bandara.

Kepala Bandara APT Pranoto Dodi Dharma Chayadi mengatakan, kegiatan perbaikan berupa pemasangan Air Field Lighting (AFL) System atau lampu runway sepanjang 2.250 meter, termasuk lampu-lampu di sekitar apron dan taxiway.

Proyek ini senilai Rp 12 miliar bersumber APBN yang dikelola oleh Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Kementerian Perhubungan.

Dengan adanya AFL, akan menjadi alat bantu pendaratan visual yang berfungsi membantu dan melayani pesawat terbang selama lepas landas, mendarat agar bergerak secara efisien dan aman.

Kemudian, pekerjaan kedua adalah perbaikan taxiway sepanjang 100 meter dari total panjang taxiway 160 meter.

Landasan gelinding ini akan ditambah ketebalan aspal setinggi 12 meter (lagi) dari ketebalan sebelumnya 30 meter.

Karena dalam beberapa kesempatan, aspal taxiway sering terkelupas karena beban pesawat. Total perbaikan taxiway senilai Rp 3 miliar bersumber dari APBD Kaltim.

"Karena dua pekerjaan ini, untuk sementara penerbangan di bandara kita tutup sementara guna menjamin keselamatan penerbangan," ujar Dodi, saat memberikan keterangan pers di Samarinda, Jumat (8/11/2019).

Baca juga: Aspal Taxiway Bandara Samarinda Retak, Penerbangan Ditutup hingga Senin

Selama perbaikan, semua penerbangan dari dan ke Samarinda dialihkan ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan semua maskapai yang ada di Bandara APT Pranoto. Total ada delapan maskapai yang beroperasi di APT Pranoto, dengan total 48 penerbangan setiap harinya.

"Dalam waktu dekat kami keluarkan Notice to Airmen atau NOTAM untuk pemberitahuan pengalihan sementara penerbangan ke Balikpapan," ujar Dodi.

Dodi memastikan pekerjaan di bandara ini akan diselesaikan sesuai kontrak kerja 26 hari.

Untuk itu para kontraktor mengejar penyelesaian secepatnya selama kurun waktu tersebut.

Baca juga: Kabut Asap Karhutla di Kaltim, 16 Penerbangan di Bandara Samarinda Delay 5 Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com