Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Ganjar Pada Peringatan Hari Wayang Nasional

Kompas.com - 07/11/2019, 18:27 WIB
Riska Farasonalia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com - Hari Wayang Nasional yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 7 November pada tahun ini akan dirayakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah secara serentak di 22 Kabupaten/Kota.

Perayaan Hari Wayang Nasional yang rencananya digelar pada 19 November mendatang ini akan menampilkan pertunjukan menarik yakni kolaborasi antara wayang kulit, wayang orang dan wayang animasi.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan sebagai daerah yang memiliki banyak seni tradisi, Jawa Tengah memang konsen betul dalam pengembangan kebudayaan.

Tidak hanya sekadar menguri-uri atau melestarikan, lanjut Ganjar Jawa Tengah akan terus mengembangkan seni tradisional itu.

Baca juga: Pemerintah Tetapkan 7 November sebagai Hari Wayang Nasional

"Sehingga harapannya, akan muncul inovasi dan kreasi dari masyarakat yang akan menambah semarak kesenian tradisional kita," kata Ganjar saat menghadiri peringatan Hari Wayang Nasional 2019 di RRI Semarang, Rabu (6/11/2019).

Pada puncak perayaan Hari Wayang Nasional nanti, tidak hanya dimeriahkan dengan penampilan wayang. Namun juga akan ada coaching clinik yang melibatkan anak-anak muda dalam dunia pewayangan.

"Namanya Wayang for Student, jadi ada coaching clinic dan main bersama anak-anak. Mudah-mudahan kegiatan ini nantinya dapat menggairahkan dunia pewayangan Jawa Tengah," jelas Ganjar.

Ganjar berpesan kepada masyarakat untuk menjaga kebudayaan tidak hanya dalam bentuk berkesenian, namun dalam kehidupan sehari-hari.

"Kebudayaan itu tidak hanya baju, tarian atau wayang tapi perilaku, hidup rukun, saling menghormati, tidak memaki itu juga bagian dari kebudayaan kita," pungkasnya.

Baca juga: Di Depan Budayawan dan Seniman, Jokowi Teken Keppres 7 November sebagai Hari Wayang Nasional

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com